Observasi Pribadi: Blog tentang gaya hidup

2015-12-29

Mengikis Digital Divide di Indonesia

Sumber Gambar: astrolabs.com
Perkembangan teknologi digital yang demikian melaju pesat mau tidak mau menuntut masyarakat Indonesia harus melek teknologi. Gempuran beragam hasil inovasi teknologi digital menyadarkan masyarakat bahwa tren dunia digital mesti mereka ikuti.
 
Internet menjadi salah satu contoh hasil inovasi teknologi digital yang saat ini menjadi tren di masyarakat. Berbagai hajat hidup seseorang bisa dipenuhi dengan mengandalkan teknologi internet. Sebagai contoh: pembayaran transaksi, pendaftaran sekolah dan kuliah, pertemanan di dunia maya, hingga pencarian beragam informasi bisa dilakukan melalui internet.

Semestinya inovasi-inovasi teknologi digital seperti internet tersebut disikapi arif dan bijaksana oleh masyarakat. Kemudahan-kemudahan untuk mengakses informasi kapanpun dan di manapun adalah berkah tersendiri. Masyarakat menjadi bisa terbantu meningkatkan taraf kehidupan karena perkembangan teknologi digital tersebut.
 
Di Indonesia, teknologi digital terus dikembangkan demi kemajuan pembangunan. Pihak pemerintah maupun swasta saling mendukung demi pemerataan teknologi digital di Indonesia. Semua sepakat bahwa Indonesia harus melek teknologi agar tak tertinggal oleh negara lain.
 
Meskipun demikian, kesenjangan teknologi digital atau digital divide antara masyarakat daerah perkotaan dan daerah terpencil pasti masih ada. Sebagai contoh, masyarakat di daerah perkotaan tentu bisa dengan mudah mendapatkan akses internet, entah lewat koneksi modem, hotspot area, warnet, dan koneksi lainnya. Sebaliknya, masyarakat di daerah terpencil tentu akan kesulitan mengakses internet. Hal ini menjadi tugas berat pemerintah, dalam hal ini Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mengikis kesenjangan itu secara bertahap.
 
Apabila kesenjangan teknologi digital tersebut bisa teratasi, bukan tidak mungkin Indonesia akan menjadi lebih maju. Teknologi digital menjadikan batas dan jarak menjadi tak berarti. Akses informasi menjadi sangat luas dan seakan tak terbatas. Itulah alasan mengapa teknologi digital sangat penting bagi kemajuan suatu negara.
 
Apabila dilihat dari sisi ekonomi, perkembangan teknologi digital jelas memberikan pengaruh luar biasa. Transaksi-transaksi ekonomi semakin dinamis, sebagai contoh, bisnis online yang marak dan menjadi tren gaya hidup sebagian masyarakat. Peluang-peluang usaha yang ada di dunia maya juga menjadi alternatif income yang menjanjikan.
 
Dilihat dari sisi edukasi/pendidikan, sumbangsih teknologi digital terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia sangatlah besar. Berbagai sumber pengetahuan bisa diakses dari mana saja. Belajar tidak lagi terikat dalam sistem konvensional, namun lebih fleksibel dan dinamis.
 
Sekali lagi perkembangan teknologi digital perlu disikapi secara arif dan bijaksana, bahwa teknologi digital merupakan sarana meningkatkan taraf hidup dan bukan hanya tren belaka. Teknologi digital bisa sangat bermanfaat jika digunakan dengan benar, bisa juga menjadi penghancur jika digunakan dengan negatif. Negara ini membutuhkan karya-karya kreatif dan inovatif demi mendukung laju pembangunan. Kita juga wajib bersyukur berada di era di mana beragam seliweran informasi bisa kita tangkap dengan mudah.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~