Manajemen Konten Jejaring Sosial dengan Hootsuite



Untuk orang yang aktif di beberapa media sosial, memperbarui status adalah hal yang wajib dilakukan. Minimal sehari sekali harus mengupdate status untuk berinteraksi dengan teman-teman dunia maya.

Nah, untuk orang yang sibuk, tentu mengupdate konten beberapa sosial media bisa menjadi kerepotan tersendiri. Untuk mereka yang mempunyai tim konten tentu hal itu tidak masalah. Bagi yang tidak punya tentu perlu menggunakan aplikasi tertentu untuk membantu mengatur konten media sosialnya.

Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk memanajemen konten adalah hootsuite. HootSuite merupakan sebuah situs layanan manajemen konten yang menyediakan layanan media daring yang juga terhubung dengan berbagai situs jejaring sosial lainnya, seperti : Facebook, Twitter, LinkedIn, Foursquare, MySpace, dan WordPress. Situs ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2008 oleh pendirinya Ryan Holmes.

logo Hootsuite
Layanan ini membantu perorangan atau perusahaan untuk mengatur dan menggunakan media sosialnya. Hootsuite merupakan situs yang dapat digunakan untuk meluncurkan kampanye pemasaran, mengidentifikasi dan menambah khalayak, dan menyampaikan pesan yang ditargetkan dan dijadwalkan di beberapa saluran media. Beberapa aplikasi yang cukup populer di kalangan pengguna internet juga disertakan dalam HootSuite, di antaranya Instagram, MailChimp, Reddit, Storify, Tumblr, Vimeo dan YouTube.

Untuk dapat menggunakan HootSuite pengguna diharuskan untuk membuat akun terlebih dahulu. Ada dua fitur utama yang dapat dipilih sebelum mendaftarkan akun pada HootSuite, yaitu Layanan Penuh, di mana pengguna harus membayar pada saat mendaftarkan akunnya, dan Layanan Freemium, di mana pengguna dapat mendaftarkan akunnya secara gratis, namun hanya dapat memakai layanan dasar saja.

HootSuite menyediakan berbagai layanan lainnya yang cukup variatif fungsinya. Di antaranya adalah :

Jaringan sosial
HootSuite terhubung tidak hanya dengan jejaring Twitter saja, namun juga Facebook, LinkedId, Foursquare, MySpace, dan WordPress. Sehingga dalam satu layanan pengguna dapat terhubung ke banyak media sosial online lainnya.
Contoh tampilan dashboard Hootsuite milik penulis.
 
Aplikasi mobile
Layanan ini membantu pengguna untuk dapat menulis pesan dan tetap update melalui aplikasi mobile. Sampai saat ini HootSuite telah meluncurkan 4 versi aplikasi mobilenya, yaitu HootSuite for iPhone, BlackBerry, Android, dan iPad.

Kolaborasi tim
HootSuite memberikan layanan untuk mengurus satu akun dan berbagi data bersama dengan pengguna lain tanpa mengharuskan untuk saling bertukar password.

Pesan terjadwal
Nah, ini nih fitur yang cukup bagus untuk penggunanya. Pengguna dimungkinkan untuk mengatur waktu dan tanggal pengiriman pesan sesuai dengan kehendak pengguna. Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa membuat beberapa status atau pesan sekaligus untuk diatur waktu penayangannya.
Mengatur pesan terjadwal di hootsuite.


Monitor mentions
Dengan layanan ini pengguna dapat memantau pesan yang mencantumkan nama produk atau perusahaan pengguna maupun kata kunci yang pengguna cari.

Layanan Umum
Selain layanan yang telah disebutkan, HootSuite juga menyediakan layanan untuk mengunggah file berupa file foto dan file lainnya. Kemudian layanan penyederhanaan URL yang menggunakan link Ow.Ly. HootSuite juga menyediakan keamanan dalam menggunakan layanannya. Selain itu HootSuite memungkinkan pengguna untuk melihat balasan pesan yang dikirimkan oleh pengikut pengguna melalui layanan Threaded Conversation. Kemudian HootSuite juga menyediakan layanan untuk berlangganan RSS.
Contoh button pengaturan akun hootsuite.
 
Sumber: wikipedia.com dengan beberapa perubahan 
Manajemen Konten Jejaring Sosial dengan Hootsuite Manajemen Konten Jejaring Sosial dengan Hootsuite Reviewed by Ahmad Salim on Maret 09, 2017 Rating: 5

6 komentar:

  1. wah jadi dari satu aplikasi ini kita bisa terhubung ke semua medsos kita ya mas Ahmad ?
    Buru-buru di download deh aplikasinya, jadi kalo mau share ga susah lagi :)
    Makasih ya mas infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar Mbak. Lumayan memudahkan meskipun versi free agak dibatasi fiturnya. Selamat mencoba.

      Hapus
  2. Jadi praktis ya make hotsuit ini ya mas Ahmad.
    Aku belum make, aku coba ah penasaran fitur-fiturnya hehehe
    thanks mas udah Sharing

    BalasHapus
  3. Iya jadi praktis Mbak. satu layar bisa langsung cek semua medsos.
    Sama-sama, Mbak. Terima kasih sudah mampir.

    BalasHapus
  4. Wah, aku baru tahu, masih belum paham sih. Boleh dicoba

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak dengan berkomentar di sini. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~