2017-07-31

7 Langkah Mengoptimalkan Aktivitas dan Bisnis Online

Sumber Gambar: http://www.cbo.me/
Internet adalah salah satu kemajuan teknologi dalam hidup manusia yang memiliki dua sisi positif dan negatif. Internet bisa menjadi alat penghasil uang, atau sebaliknya sebagai pembuang waktu paling berbahaya. Ketika orang mulai terjun ke bisnis internet, mereka sering berpikir hal itu bagaikan sepotong kue yang lezat. Saat ini, banyak orang yang memutuskan untuk mulai berbisnis dengan internet.

Namun, terkadang para pemula di bisnis internet tersebut merasa kecewa karena mereka seakan sudah bekerja berjam-jam di internet tetapi tidak menghasilkan apa pun.

Jika Anda berniat berbisnis di internet, Anda benar-benar harus disiplin untuk mengatur waktu. Berikut adalah 7 langkah untuk bisa melakukan pekerjaan online dengan lebih baik:

1. Atur Jam Kerja

Sangat mudah untuk membuang waktu ketika Anda harus bekerja di depan komputer dengan internet. Banyak waktu akan terbuang sia-sia. Pekerjaan dengan cara online bisa berubah menjadi kecanduan yang tidak sehat Anda tidak menetapkan jam kerja tertentu dan konsisten dengan jadwal tersebut.

2. Jadwalkan Jam Bermain

Jangan menghabiskan jam kerja Anda dengan bermain - berselancar di internet, mengunjungi forum internet atau berpartisipasi dalam chat room. Sisihkan waktu senggang untuk aktivitas seperti itu jika Anda tidak bisa terlepas darinya.

3. Jadwalkan Komunikasi

Tetapkan waktu tertentu selama jam kerja Anda untuk membuka email. Hal ini biasanya menjadi hal pertama dan hal terakhir yang Anda lakukan setiap hari kerja. Jika Anda membuka email Anda secara berkala dan menanggapinya, jam kerja Anda bisa habis dengan cepat. Matikan semua notifikasi yang memberitahukan bahwa Anda memiliki email masuk baru. Tentu hal ini butuh penyesuaian tertentu karena ada pekerjaan online yang tidak bisa terlepas dari notifikasi email baru. 

Sumber Gambar: http://www.framesofweb.com/

4. Blokir SPAM

Nah, ini yang penting. Gunakan pemblokir SPAM untuk mengisolasi atau memblokir email SPAM dan tetap up to date. Gunakan alamat email yang terpisah untuk bisnis dan email pribadi Anda. Buka email pribadi selama waktu luang dan email bisnis Anda selama waktu komunikasi terjadwal Anda dalam jam kerja Anda.

5. Buat Rencana Jangka Panjang

Buatlah rencana jangka panjang dari apa yang ingin Anda capai melalui bisnis internet Anda. Milikilah visi dengan tujuan dan tenggat waktu sehingga bisa membuat Anda tetap fokus dan bekerja dengan serius dari hari ke hari.

6. Rencanakan Aktivitas Harianmu dengan Optimal

Rencanakan aktivitas harian Anda dengan daftar "harus dilakukan/to do list", sering juga disebut skala prioritas, yang memastikan hal-hal penting akan terlaksana. Rencanakan juga waktu untuk gangguan tak terduga atau keadaan darurat.

7. Kill the Messenger

Jika Anda menggunakan program-program messenger , Anda bisa mencoba log out selama jam kerja Anda. Jika Anda melakukan komunikasi bisnis melalui program messenger, buka akun terpisah atau blokir kontak sehingga hanya rekan bisnis Anda yang Anda perlukan untuk dapat menghubungi Anda melalui program messenger selama jam kerja Anda.

Demikianlah 7 langkah sederhana yang bisa Anda terapkan. Menerapkan 7 tip sederhana ini akan membantu Anda mengefektifkan waktu dan akan meroketkan produktivitas Anda! Selamat mencoba.

18 komentar:

  1. Terimakasih informasinya mas ahmad

    BalasHapus
  2. nice info mas. Boleh di coba untuk next nya :D

    BalasHapus
  3. Memang dibutuhkan tips begini buat bisnis online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekadar sharing untuk pengingat diri juga, Mbak :)

      Hapus
  4. Saya sepakat dg 7 hal diatas,terutama utk point ke 6 yaitu "harus dilakukan/to do list", ini penting agar kita bisa membagi waktu semaksimal mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, butuh agenda harian pribadi.

      Hapus
  5. wahh bagian berselancarnya itu kalo saya sering kebablasan hahaha, ampe lupa niat awalnya buka browsing haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Intinya tetep pengendalian diri ya Mas Bro

      Hapus
  6. Bisnis online saat ini lagi menjamur mas, pinter-pinter buat strategi kalo terjun di sini mah,, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. saingan banyak sekali, hehehe

      Hapus
  7. Infonya berguna bangt mas buat yg ga bisa atur, jadi semua.aktivitasnya ga terhandle dengan baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, Mbak. Untuk pengingat diri sendiri juga :)

      Hapus
  8. terima ksh ilmunya mas ahmad,, sangat bermanfaat

    BalasHapus
  9. Makasih Infonya bermanfaat...
    Slam Kenal ya...

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~