2017-07-19

Jangan Sepelekan Penulisan Nama

Sumber gambar: https://www.behindthename.com
Ada pepatah yang mengatakan "Apalah arti sebuah nama." Namun, bagi saya pribadi, nama adalah sebuah doa indah yang disematkan orang tua kepada anaknya. Nama adalah sebuah identitas yang memudahkan orang lain mengenali diri kita. Dalam KBBI, paling tidak ada tiga makna untuk kata nama sebagaimana berikut.
na.ma
  1. kata untuk menyebut atau memanggil orang (tempat, barang, binatang, dan sebagainya): -- anjing itu Miki
  2. gelar; sebutan: dikaruniai -- Adipati; --nya saja pegawai tinggi, tetapi kekuasaannya tidak ada
  3. kemasyhuran; kebaikan (keunggulan); kehormatan: ia beroleh (menda-pat) --
Dalam artikel ini saya ingin menyoroti masalah penulisan nama. Penulisan nama terkadang dianggap sepele, tetapi akibatnya sungguh bisa fatal. Akan banyak waktu dan tenaga tersita gara-gara ketidaktepatan penulisan nama.
Apa yang saya alami sendiri bisa dijadikan contoh. Nama lengkap saya adalah AHMAD KHOIRUS SALIM. Namun, ketika masa sekolah dan kuliah, saya lebih suka menuliskan nama dengan disingkat menjadi A. KHOIRUS SALIM.
Apa yang terjadi kemudian? Ketika hendak mengurus ijazah kelulusan, saya harus bolak-balik ke bagian administrasi kampus untuk membenarkan penulisan nama saya. Hanya gara-gara AHMAD yang disingkat menjadi A.. Bisa dibayangkan betapa repotnya kalau nama yang disingkat tersebut terlanjur dicetak di ijazah kelulusan. Saya akan lebih pontang-panting mengurusnya karena tidak sinkron dengan ijazah jenjang sebelumnya.
Kabar yang sempat saya dengar, mengurus kesalahan penulisan nama di ijazah jauh lebih sulit dan rumit dibanding mengurus kesalahan nama di kartu atau surat identitas yang lain seperti KK atau KTP. Jadi, demikian halnya dengan nama yang tercetak di surat atau kartu identitas yang lain, semua harus ditulis sama persis.
Penulisan nama juga penting apabila berhubungan dengan hajat hidup yang lain. Misal, ketika membeli tiket karena hendak bepergian, membuat rekening di bank, mendaftar kerja, dan lain-lain. Bayangkan apabila hendak bepergian dengan pesawat kemudian ditolak petugas check in karena nama tidak sama antara di kartu identitas dengan yang tertulis di tiket.
Oleh karena itu, penulisan nama perlu benar-benar diperhatikan. Jangan sampai salah meskipun satu huruf saja.  Kelihatannya sepele, tetapi nama adalah identitas yang melekat pada diri kita.

Apalagi, nama anak-anak masa kini demikian rumit dan sulit dieja. Contohnya adalah  penggunaan kata Muhamad dengan berbagai variannya seperti 'muhamad', 'muhammad', 'mochammad', 'muchammad', 'muhamat', 'mohamet', 'mohamat', 'akhmad', 'ahmad', 'ahmat', dan lain sebagainya. Contoh lain yaitu Xiovariel, Queennaya, Ghassan, Aldebaran, Altair, Azzahra, Ixia, Yuriexa, Razanaraghda, Odhiyaulhaq (tribunnews.com). 

Sebenarnya sah-sah saja karena itu kewajiban orang tua untuk memberi nama yang baik pada anaknya. Orang tua sekarang tentu ingin nama anak yang keren dan kekinian. Namun, ya itu tadi, konsekuensinya adalah harus jeli dan teliti menuliskan ejaan nama anaknya. Jangan sampai merugi di kemudian hari gara-gara penulisan nama yang rumit dan sulit dieja.

11 komentar:

  1. Tapi ada juga aku lihat di tv, orangtuanya ngasih nama anaknya satu huruf aja. N. ��

    BalasHapus
  2. nama bisa hijrah/ganti mas sesuai sunah. seperti nama saya aja saya ganti waktu di ponpes, heheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, cuma penulisannya yang perlu konsisten agar tidak ribet urusannya, hehehe

      Hapus
  3. nah betul sekali, awalnya terlihat sepele tapi akan semakin runyam saat harus ngurus paspor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman pribadikah ini? Hehehe

      Hapus
  4. setuju mas ahmad, soal nama emg jangan anggap remeh.. bisa ribet lw gak teliti dan konsisten, sy ad pengalaman cek data murid nama di data emis gak sama dengan yang ada di akte.. jd kita kerepotan perbaiki data ulang..hee

    BalasHapus
  5. Bentul sekali.. terimakasih sharing infonya

    BalasHapus
  6. Bener banget mas ahmad, artikel bermanfaat. Kakasih sudah mau sharing mas. Terkadang masalah penulisan nama selalu dianggap sepele

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~