2017-08-18

3 Cara Membangun Kepercayaan Diri

Mempunyai masalah dengan kepercayaan diri? Hal itu wajar dan seringkali dialami kebanyakan orang. Berikut ini adalah 3 cara membangun kepercayaan diri yang bisa Anda praktikkan.

Cara Membangun Kepercayaan Diri


1. Bebaskan Diri Anda!
Pergilah dan lakukan apa yang Anda suka! Sudah berapa lama sejak Anda terakhir melakukan sesuatu yang Anda cintai sewaktu kecil? Travelling mungkin, memancing, atau berburu kuliner di tempat favorit. Hal tersebut mungkin tampak sangat sederhana namun hal-hal sederhana ini memiliki kekuatan untuk membangun kepercayaan diri yang tinggi.

Sebenarnya, hidup ini cukup sederhana. Apa yang terlihat sangat rumit sekalipun tetap saja sederhana, bukan? Sama seperti tetes air kecil yang mampu membuat samudera luas. Hal-hal kecil yang Anda sukai bisa saja mampu mengubah Anda menjadi penuh kepercayaan diri.

Saat Tuhan menciptakan Anda, Dia menaruh keinginan di dalam hati Anda dan memberi Anda kemampuan untuk mencapainya. Namun, dalam proses tumbuh dewasa, Anda lupa apa sebenarnya tujuan Anda dan apa yang Anda sukai. Hal itu terjadi pada banyak orang yang merasa bebas untuk melepaskan diri namun terlalu terikat dalam tanggung jawab sehari-hari sehingga tidak mungkin mereka meluangkan waktu bahkan 10 menit untuk memikirkan kehidupan, arah, impian, dan tujuan mereka.

Adalah tugas kita untuk membersihkan kekacauan yang menghalangi kita untuk mendengarkan ke hati kita. Dengarkan suara hati Anda, dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mencari waktu untuk melakukan apa yang Anda sukai. Ketika Anda senang melakukan aktivitas itu, itu berarti Anda memiliki semua bakat dan kecerdasan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan dengan mudah meskipun Anda mungkin tidak menyadarinya.

2. Temukan Lingkungan atau Komunitas Terbaikmu!
Ini bagaikan burung yang hidup bergerombol dan bersama-sama sehingga mereka menjadi lebih kuat dari serangan musuh. Anda harus mencari tahu orang-orang yang Anda sukai. Mereka yang berkutat pada visi misi yang sama. Mereka tentu orang-orang dari frekuensi yang sama dengan Anda dan ada aliran energi antara Anda dan mereka yang berjalan alami.

Hidup menjadi mudah saat Anda berada di antara orang-orang yang berada pada bidang pemikiran yang sama seperti Anda dan lebih mudah untuk berhubungan dengan mereka. Mereka tampaknya memahami Anda dan sebaliknya sehingga menciptakan kondisi percakapan yang sehat. Percakapan yang baik adalah latihan yang sangat sehat dan kebutuhan penting dari pikiran kita. Kita semua ingin gagasan kita didengar dan dihargai. dan perusahaan yang baik menyediakan platform yang sama.

3. Tentukan Tujuan Pencapaian Anda dan Buktikan itu!
Perjalanan seribu mil dimulai dengan satu langkah. Idenya adalah memulai dengan satu langkah kecil yang kemudian dapat dikembangkan lebih lanjut menjadi langkah besar. Belajarlah untuk melakukan pekerjaan yang ada di depan mata. Sama seperti tanah di bawah kaki Anda, puncak gunung juga suatu saat akan berada di bawah langkah Anda.

Satu-satunya cara untuk melakukan sesuatu adalah MULAI MELAKUKANNYA! Tidak peduli seberapa kecil kemajuannya, fokusnya adalah menyelesaikan tugas dengan sukses walaupun ini adalah tugas kecil. Serangkaian tugas besar yang belum selesai bisa menjadi sumber depresi. Pecahkan tugas besar menjadi daftar tugas-tugas kecil yang harus diselesaikan. Buatlah to do list. Centang dari daftar Anda setiap pekerjaan berhasil diselesaikan. Tugas yang selesai tidak peduli seberapa kecil itu memberi rasa prestasi yang meningkatkan kepercayaan diri kita dan menambahi kita dengan lebih banyak energi untuk mencoba tugas yang lebih besar.

Selamat mencoba menjadi lebih percaya diri!

Baca juga:


12 komentar:

  1. Iyap, setuju. Satu2ny cara untuk melakukan sesuatu adalah memulainya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keberanian memulai dari satu langkah...

      Hapus
  2. bagian bebaskan diri Anda itu yg masih diperjuangkan nih hahaha

    BalasHapus
  3. Wahh selalu deh artikelnya mas ahmad. Berguna banget

    BalasHapus
  4. mantab banget infonya. bisa langsung dipraktekan nih

    BalasHapus
  5. Bebaskan diri o i juga kadang gak bisa full banyak syarat dan ketentuan yang berlaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, Mbak. Masih ada batasan

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~