2017-08-08

6 Sumber Informasi Lowongan Kerja

Selamat untuk Anda yang baru saja lulus dan menjadi fresh graduate dari perguruan tinggi. Tentu ada dua sisi dalam kehidupan Anda sekarang. Sisi pertama, berisi kegembiraan dan kebanggaan karena berhasil mengentaskan diri dari dunia pendidikan. Sisi kedua, berisi kekhawatiran, kecemasan, dan juga kebingungan akan kelanjutan jalan hidup Anda. Bagi Anda yang memiliki cukup dana, tentu bukan soal apabila ingin melanjutkan pendidikan setinggi apapun. Namun, bila Anda hanya memiliki dana yang pas-pasan –untuk tidak dikatakan kurang- tentu lowongan pekerjaan menjadi hal yang paling Anda cari. Meskipun, ada juga yang memilih berwiraswasta, menjadi pengusaha mandiri, tanpa harus bersusah-susah mencari pekerjaan lagi.


Memang, menjadi pengangguran adalah momok yang menakutkan dan memalukan bagi siapa saja. Orang yang masih menganggur seakan tidak memiliki daya dan upaya, seakan menjadi orang yang madesu (masa depan suram). Karena itulah, dengan segala cara orang berusaha mencari lowongan pekerjaan untuk tidak dikatakan menganggur.
Sampai saat ini, kecenderungan masyarakat Indonesia untuk mencari informasi lowongan pekerjaan masih sangat tinggi. Masyarakat masih mengandalkan informasi lowongan kerja sebagai sarana mencari bidang pekerjaan yang paling diminati. Meskipun pemerintah terus berupaya menggalakkan program wirausaha mandiri, hasilnya tak berbanding lurus dengan jumlah pencari kerja yang masih saja tinggi.
Tidak dapat dipungkiri, untuk menjadi seorang wirausahawan dibutuhkan dedikasi, loyalitas, dan kemampuan manajerial yang baik. Keberanian untuk memulai suatu usaha baru juga sangat perlu. Tak pelak, informasi lowongan pekerjaan akhirnya menjadi angin segar bagi masyarakat yang ingin mecari kerja sesuai bidang keahlian masing-masing.

Informasi lowongan pekerjaan bisa didapatkan dari mana saja. Perkembangan teknologi semakin memudahkan orang mencari informasi jenis pekerjaan yang cocok untuk dirinya. Berikut ini adalah 6 Sumber informasi lowongan kerja yang bisa Anda jadikan acuan.
1. Media Cetak
Media cetak, terutama koran, adalah media yang paling umum digunakan masyarakat untuk mencari informasi penawaran kerja. Koran menjadi media paling merakyat karena menjangkau segala lapisan masyarakat. Biasanya info dunia kerja ada di rubrik weekend.
2. Media Elektronik
Televisi dan radio terkadang menyiarkan iklan penawaran pekerjaan. Intensitasnya tentu sangat rendah jika dibandingkan media lain.
3. Media Online
Di era internet seperti sekarang, mencari informasi tentang pekerjaan secara online menjadi solusi cepat dan tepat. Dibanding media massa cetak, media online lebih fleksibel menginformasikan pekerjaan. Media online bisa diakses kapan pun. Informasi yang disediakan juga jauh lebih banyak dan lebih update. Kita tinggal mengetikkan jenis pekerjaan yang kita inginkan di search engine atau lewat situs tertentu. Hanya saja diperlukan ketelitian ekstra agar tidak tertipu oleh pembuat iklan yang tidak bertanggung jawab.
4. Pengumuman
Seringkali perusahaan dan instansi menyebarkan pengumuman penawaran pekerjaan di papan pengumuman umum atau di kampus-kampus.
5. Bursa Kerja
Jangan melewatkan kesempatan berkunjung jika ada bursa kerja. Di bursa kerja kita lebih leluasa memilih pekerjaan karena beberapa perusahaan berkumpul dan menawarkan pekerjaan kepada pengunjung.
6. Pihak Tertentu
Informasi pekerjaan bisa juga kita dapatkan dari pihak-pihak tertentu yang bisa kita percaya. Saudara, tetangga, teman, dan kenalan bisa menjadi sumber informasi yang sangat berharga. Kita harus menjaga hubungan dengan baik agar kesempatan-kesempatan emas tidak terlewatkan.
Beragam media penyampai informasi pekerjaan yang telah tersebut di atas bisa kita jadikan tempat mencari pekerjaan yang paling sesuai dengan minat dan keahlian kita. Setelah mendapatkan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai, kita mesti mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk berkompetisi mendapatkan pekerjaan tersebut. Perlu kita sadari, bisa jadi ada ratusan orang lain yang menginginkan posisi serupa. Persiapkan segala persyaratan dan patuhi ketentuan-ketentuan yang ada. Menjadi orang yang disiplin dan tertib administrasi akan sangat membantu kita meraih kesuksesan.

8 komentar:

  1. Nah bermanfaat bgt nih infonya utk para job hunter ��
    Nice info kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke, terima kasih sudah mampir :)

      Hapus
  2. Jadi blogger aja kak. Ngurangin antrian cari kerja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, alternatif yang bagus

      Hapus
  3. makasih infonya mas, cocok ne kerja sambilan ngeblog, hehee

    BalasHapus
  4. Dah lama bgt sejak aku g liat2 lowongan kerja nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih nyaman usaha sendiri ya, Mbak? Bisa dibagi dong tips-nya

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~