Observasi Pribadi: Blog tentang gaya hidup

2017-08-10

7 Teknik Kreatif Manajemen Stres

Stres, lelah pikiran dan fisik, telah menjadi bagian hidup bagi banyak orang. Anda perlu merasakan bahwa Anda bisa mengendalikan tekanan yang terjadi pada Anda, untuk kemudian menekan kemungkinan stres dengan beberapa cara yang berbeda untuk menjaga kesehatan fisik dan emosional Anda.
 
Manajemen stres
 
Penyebab stres bisa berasal dari kebiasaan atau pikiran dan perasaan kita sendiri. Tindakan Anda sendiri sebenarnya bisa disesuaikan sehingga tidak menimbulkan stres. Jika Anda ingin tenang dan santai, dengan sedikit stres, maka berikut ini beberapa teknik manajemen stres yang bisa Anda praktikkan untuk diri Anda sendiri.
  1. Terorganisir. Anda bisa merencanakan semua yang Anda inginkan, tapi jika Anda tidak dapat menemukan proyek, daftar, atau informasi yang akan Anda tangani secara tertib, itu bisa sangat melelahkan.
  2. Buat daftar apa yang ingin Anda capai, lalu putuskan hal mana yang paling penting untuk dilakukan pada daftar itu. Lakukan dulu dan kemudian pergi ke item Anda yang kurang penting. Istilah lainnya adalah daftar prioritas.
  3. Biarkan sedikit gangguan dan perubahan. Jika Anda membuat jadwal sendiri dengan sangat ketat sehingga Anda tidak dapat terganggu walaupun hanya selama 15 menit saja untuk sekadar berbicara dengan panggilan tak terduga, Anda bisa merasa sangat tertekan. Bersantailah sejenak dan sadari bahwa akan ada beberapa gangguan kecil dan yakinlah Anda bisa mengatasinya dengan baik.
  4. Memiliki harapan yang realistis terhadap diri sendiri dan orang lain. Tidak ada manusia yang benar-benar super. Anda tidak bisa menyelesaikan pekerjaan tiga hari dalam satu hari. Jangan menunda sampai menit terakhir dan menaruh begitu banyak tekanan pada diri Anda dengan sejumlah besar pekerjaan.
  5. Luangkan waktu sejenak untuk istirahat beberapa kali dalam sehari. Biarkan pikiran Anda beristirahat selama beberapa menit untuk melakukan sesuatu yang Anda sukai, bukan melulu sesuatu yang harus Anda lakukan.
  6. Gunakan beberapa waktu setiap hari untuk berolahraga atau berjalan-jalan. Ini membantu untuk menyingkirkan lebih banyak tekanan.
  7. Setelah selesai tugas hari ini, luangkan waktu untuk bersantai. Lakukan hobi yang Anda nikmati dan bisa mengurangi stres Anda.
Stres adalah bagian dari kehidupan, itu tidak bisa dimungkiri. Namun, Anda juga butuh cara untuk menghilangkan stres dan tidak membiarkannya menghilangkan bagian terbaik dari Anda. Semoga 7 teknik manajemen stres yang berbeda ini akan membantu Anda menemukan cara untuk mengatasi stres Anda. 

11 komentar:

  1. wah klo sayah mah malah kebanyakan santainya hehe

    BalasHapus
  2. wah perlu di menejemen juga ngeblognya biar gak stres dan ngalor-ngidol (kalo dalam bahasa jawanya)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus itu, biar lebih fokus dan terarah...

      Hapus
  3. Santai tetap jadi selingan, perlu sangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jangan terlalu serius terus... :)

      Hapus
  4. Saya sangat setuju stress adalah bagian dari hidup. Mungkin tanpa adanya stress dikehidupan kita kurang berwarna dan kurang tantangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar, tinggal bagaimana menyikapi dan memenej-nya

      Hapus
  5. kalau saya biasanya pergi olahraga mas, nyari tempat yang rame sekalian ngobrol dengan orang baru biar nambah relasi silaturahmi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, seperti poin 6 di atas ya, Mas. Banyak silaturahmi banyak rezeki, hehehe.

      Hapus
  6. wah berasa balik lagi zaman kuliah baca artikel ini hehehe, mata kuliah Kejiwaan

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~