Observasi Pribadi: Blog tentang gaya hidup

2017-08-09

Akhirnya, Setahun sudah Blogger Bengkulu Berkiprah (Ulasan Milad Pertama Bobe)

Salah satu komunitas blogger yang sedang naik daun saat ini adalah komunitas Blogger Bengkulu (biasa diakronimkan menjadi Bobe). Bagaimana tidak? Baru setahun Bobe berkiprah akan tetapi perkembangan dan pertumbuhan Bobe sudah menunjukkan peningkatan signifikan.

Logo Komunitas Blogger Bengkulu (Bobe)
Founder komunitas Blogger Bengkulu adalah Mbak Mildaini. Lalu beliau mengajak teman yang lainnya untuk menjadi bagian Bobe seperti Ria M. Fasha, Yurmawita, dan Intan Novriza K., Beni Sumarlin, dan Piter JV untuk menjadi pengurus dan admin grup Blogger Bengkulu di facebook dan WA. Adapun logo Bobe dibuat oleh Suhendra. Mereka merupakan blogger dengan visi dan misi sama, ingin mengumpulkan para blogger Bengkulu ke dalam satu wadah komunitas sehingga lebih bisa berkiprah dan bermanfaat. Salah satu misi besarnya adalah mengenalkan Bengkulu melalui blog, agar Bengkulu tidak hanya dikenal karena sering gempa, melainkan banyak potensi lokal yang bisa menjadi unggulan.

Tentang launching Blogger Bengkulu sendiri, Anda bisa membaca ulasannya secara lengkap di artikel salah satu founder komunitas Blogger Bengkulu, Mbak Mildaini. Tahun 2017 ini adalah perayaan ulang tahun yang pertama. Hari tepatnya yaitu tanggal 1 Juli 2017, tetapi puncak kegiatannya disatukan dengan kegiatan rutin bulanan Bobe yaitu setiap pekan terakhir. Akhirnya disepakati milad pertama bobe dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2017, hari Minggu.

Lalu, saya sendiri? Ah, saya adalah salah satu anggota yang kebangetan karena belum pernah sekalipun mengikuti kopdar Bobe. Alasannya tentu saja selalu kesibukan. Sebenarnya kopdar seperti itulah yang membuat sebuah komunitas semakin eksis, karena ada kegiatan dan interaksi anggotanya.

Saya ingat banget pertama mengenal Bobe melalui Mbak Mildaini. Kala itu, beliau sedang mengisi acara yang diselenggarakan Kantor Bahasa Bengkulu. Kami ngobrol tentang sebuah komunitas bernama blogger Bengkulu. Pada dasarnya saya pun senang dengan blogging, meskipun belum terarah, akhirnya saya memberanikan diri bergabung dengan Bobe.

Saat ini, anggota grup Fb dan WA Bobe ada sekitar 250-an. Domain anggota yang terdaftar ada kurang lebih 50 domain blog aktif yang siap melesat & bekerjasama dengan berbagai pihak. Dengan rajin mengikuti interaksi di grup WA dan facebook, banyak informasi tentang pengembangan blog dan... JOB ( itu memang yang ditunggu-tunggu) hehehe.

Lalu, bagaimana kiprah Bobe sendiri setelah satu tahun kehadirannya? Tampaknya perayaan milad pertama Bobe pada tahun 2017 tersebut bisa sedikit banyak menjelaskan. Mereka yang hadir dalam perayaan milad pertama Bobe bukan hanya anggota komunitas blogger Bengkulu, melainkan juga ada beberapa pejabat pemerintah, dalam hal ini yang hadir adalah Kepala Dinas Komunikasi dan informasi Teknologi, Eddy Prawisnu.

Bahkan, dalam konsep rundown acara sebelumnya, PLT Gubernur Bengkulu yaitu Rohidin Mersyah pun dijadwalkan hadir. Namun, beliau berhalangan hadir karena ada agenda lain yang mendesak.

Dalam perayaan milad pertama Bobe tersebut, antara pihak perwakilan pemerintah dengan komunitas Blogger Bengkulu sama-sama sepakat untuk mengeratkan kerja sama, menjadikan Bobe media partner untuk mempromosikan dan mengenalkan Bengkulu.
Sambutan ketua Komunitas Blogger Bengkulu, Mbak Mildaini.
 Sumber Foto: www.mildaini.com

Kehadiran perwakilan pemerintah tersebut menjelaskan banyak hal, satu yang pasti, kehadiran Komunitas Blogger Bengkulu tidak lagi dipandang sebelah mata. Pemerintah sudah mulai melihat peran penting para blogger yang dapat berperan besar dalam menyukseskan pembangunan daerah, terutama dalam hal promosi potensi lokal Bengkulu sehingga lebih dikenal di kancah nasional dan internasional.


 Sumber Video: https://twitter.com/mediacenterBKLhttps://twitter.com/mediacenterBKL/status/891599494936010752
Blogger memperkenalkan daerahnya dengan beragam cara dan warna, melalui niche blog dan model tulisan masing-masing. Di tengah masyarakat yang semakin melek media online, di tengah kemudahan akses internet, menggandeng para blogger adalah pilihan terbaik.

Sebelum perayaan milad pertama Bobe pun, sudah ada agenda-agenda besar pemerintah yang melibatkan komunitas Blogger Bengkulu. Agenda tersebut di antaranya :  
  1. Festival Bumi Rafflesia, terutama pada kegiatan Familiarization Trip (Famtrip) Bengkulu yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Bengkulu pada Jumat--Ahad, 21--23 Juli 2017.
  2. Peringatan Hari Koperasi Nasional ke-70 yang diadakan oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Bengkulu pada tanggal 27 Juli 2017.
Yup, Komunitas Blogger Bengkulu memang sedang terus berkiprah, semakin melebarkan sayap. Hal ini menunjukkan setidaknya dua hal: pertama, kehadiran Bobe semakin diperhatikan dan memberikan berkah tersendiri bagi para anggotanya; kedua, Bobe dituntut semakin berbenah memperbaiki diri, sistem organisasi perlu lebih ditingkatkan agar semakin mantap dan berkualitas.

Sekali lagi, selamat milad pertama Bobe. Semoga Bobe semakin maju, berkembang, dan semakin berkiprah luas demi kemajuan Bengkulu tercinta. 

#MiladPertamaBobe, #BloggerBengkulu, #PuncakMilad1Bobe, #MiladBobe



2 komentar:

  1. Terima kasih ya.

    Emang kebangetan datang dong, kasih sponsor apa, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-Sama, Mbak. Kebangetan memang saya-nya... Sponsor, aduh... Malah blog saya yang masih perlu disponsori, hehehe

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~