2017-08-31

Panduan Orang Tua Memilih Permainan Online untuk Anak (lanjutan)


Dalam artikel sebelumnya, yaitu Panduan Orang Tua Memilih Permainan Online untuk Anak kami sudah berbicara tentang game online dan pengaruhnya untuk anak-anak Anda, termasuk game FPS dan keterpaparan terhadap konten kekerasan. Dalam artikel ini, saya ingin membicarakan game RTS, MMORPG dan ancaman tambahan dari kecanduan dan predator sosial.

Sumber gambar: www.netnanny.com
RTS
RTS adalah singkatan dari Real Time Strategy. Strategi karena permainan ini pada umumnya mengambil perspektif yang jauh lebih besar, menjadikan pemain sebagai jenderal atau komandan tentara atau bahkan pemimpin peradaban dibanding hanya menjadi satu orang tokoh. Real Time karena aksi bergerak maju apakah pemain bertindak atau tidak. Alternatif Real Time adalah strategi turn-based, di mana setiap pemain bergerak pada gilirannya, mengambil waktu apa pun yang mereka butuhkan. Permainan berbasis giliran cenderung memiliki komponen strategis yang lebih dalam dan kompleks yang membuat mereka kurang populer dengan anak-anak.

Permainan RTS cenderung memiliki struktur keputusan yang rumit, membuat mereka bermain dengan baik dalam pemikiran kritis. Keputusan cepat dan kompleks yang sama membuat jenis permainan ini sulit dilihat, terutama jika pemain bersaing secara online di mana mungkin tidak ada tombol jeda.

Karena konten yang kurang grafis, permainan jenis ini tidak terlalu memerlukan pengawasan orang tua yang intens. Namun, sesekali  luangkan waktu untuk setidaknya secara santai mengamati permainan dan mungkin untuk mengetahui seperti apa tampilan permainan tersebut.

MMORPG
MMORPG adalah singkatan dari Massively Multiplayer Online Role-Playing Game. Mereka berasal dari pemain yang lebih tua, single, RPGS. Dalam konteks ini, RPG adalah permainan yang menceritakan sebuah cerita yang berkembang dengan menggunakan karakter yang didefinisikan oleh berbagai keterampilan, atribut, dan profesi. Sulit untuk mengungkapkan seberapa besar dan rumitnya permainan ini. Terimalah bahwa anak-anak Anda akan membicarakan hal-hal yang tidak Anda pahami, seringkali tentang peralatan atau barang yang mereka dapatkan atau pertarungan yang telah mereka pertaruhkan.

Tidak ada salahnya untuk mencoba permainan yang dimainkan anak-anak Anda, meskipun Anda sama sekali tidak mendapat banyak manfaat dari permainan tersebut. Diperlukan investasi waktu yang cukup besar untuk memainkan MMORPG.

Investasi waktu itu menimbulkan salah satu masalah terbesar dengan MMORPG. Seorang penulis game pernah menyarankan agar MMORPG diucapkan sebagai Morgue, karena begitu Anda masuk, Anda tidak akan pernah keluar.

Jika anak-anak Anda mulai mencoba banyak jenis permainan ini, perhatikan bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka. Permainan akan selalu menghadirkan sesuatu yang baru untuk dilakukan, beberapa bukit yang lebih besar untuk didaki, dan mudah untuk terjebak. Bicarakan dengan anak-anak Anda, pastikan mereka mengetahui batasan berapa banyak waktu yang dapat mereka gunakan untuk bermain, dan apa yang harus mereka kerjakan terlebih dahulu.

Anda sendiri yang harus memutuskan apakah akan membiarkan mereka terus bermain. Umumnya, lebih baik tidak membiarkan mereka memulai jika Anda tidak yakin kemudian bisa membuat mereka berhenti begitu mereka mulai. Lebih baik tidak daripada terlambat, bukan?

Bermain game, apalagi secara online dengan ribuan orang lainnya akan mengekspos anak Anda ke berbagai macam orang. Kebanyakan dari mereka mungkin tidak berbahaya, beberapa akan sangat membantu, dan beberapa kemungkinan akan menjadi teman baik. Namun, ada beberapa orang terpilih yang memiliki maksud jahat, sama seperti ada kelompok besar lainnya. Ketakutan di sini sangat terasa seperti membiarkan anak Anda menggunakan chat room atau layanan pesan instan.

Pastikan anak-anak Anda tahu bahwa bahaya itu ada, bahwa mereka seharusnya tidak membiarkan orang lain mengetahui apa pun selain hal-hal umum tentang siapa mereka berada di luar permainan, bahwa ada orang-orang jahat di dunia ini. Tanyakan kepada mereka tentang teman mereka secara online, lihat apa yang mereka ketahui tentang mereka, perhatikan tanda peringatan yang sama dengan orang asing yang menghabiskan banyak waktu dengan anak-anak Anda. Sekali lagi, kebanyakan pemain tidaklah berbahaya, tapi Anda jauh lebih baik diberi tahu dan waspada daripada hanya berpuas diri dan penuh harapan.

Mudah-mudahan Anda mendapat informasi lebih baik tentang apa yang mungkin dilakukan anak Anda. Permainan sama baiknya dengan hobi dan juga mempunyai sisi positif. Namun, banyak aktivitas di luar kendali Anda yang harus diwaspadai. Buatlah keputusan yang jelas dan berpengetahuan tentang apa yang benar untuk anak-anak Anda. Dalam jangka panjang, mereka akan berterima kasih untuk itu.


2 komentar:

  1. Bisa juga nih aku rekomen buat adekku, aku pribadi kurang begitu tahu banyak tentang game, jadi ini sangat membantu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa membantu, Mas. Trims sudah berkunjung.

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~