2017-09-12

6 Tips Membantu Anak dan Remaja Mendapatkan Hasil maksimal di Sekolah


Bersekolah adalah salah satu hal terpenting yang akan dilakukan anak remaja Anda dalam fase kehidupan mereka. Jenjang pendidikan seperti SMP dan SMA akan mengisi sebagian besar masa remaja Anda, dan... ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu bagian kehidupan mereka berjalan dengan lancar.

Seiring bertambahnya usia anak, bagian Anda dalam kehidupan mereka akan menjadi sedikit ‘berkurang’. Anda pun seyogianya lebih banyak memberi dukungan pada anak. Berikut adalah beberapa gagasan tentang bagaimana Anda bisa membantu anak remaja Anda untuk bisa mendapatkan hasil maksimal dari sekolah.

1. Dorong Anak untuk Lebih Banyak Membaca

Ini adalah keterampilan nyata yang akan membantu remaja Anda belajar lebih cepat. Jumlah bahan bacaan yang berkualitas akan berperan penting bagi mereka. Ada banyak cara untuk mempercepat pembacaan, jadi dorong anak Anda untuk mencoba beberapa dan memutuskan metode yang paling sesuai untuk mereka.

Anak-anak sedang membaca buku (Sumber: okezone.com)
Baca juga: Menulis Cerita Anak

2. Dorong Anak untuk Lebih Fokus Belajar

Bila anak Anda masih sangat muda, mereka mungkin bisa lolos dengan tidak berfokus penuh pada materi yang ada. Belajar memusatkan perhatian menjadi penting saat mereka memasuki masa remaja mereka.

Bantu anak Anda untuk mengetahui cara menghilangkan gangguan saat mereka mengalami kesulitan memusatkan perhatian. Ajari mereka untuk menghilangkan kemungkinan gangguan satu per satu, seperti mematikan musik, menyalakan smartphone mereka, atau menutup jendela yang terbuka ke jalan yang ramai dan ramai.

Namun, perlu juga disadari bahwa ada anak yang mampu belajar dalam kondisi multitasking. Ada anak yang nyaman belajar sambil mendengarkan musik, misalnya. Tidak perlu Anda paksa untuk mematikan musik.

3. Doronglah Waktu Belajar Anak yang Konsisten

Remaja Anda perlu belajar secara teratur jika mereka tidak ingin menjadi stres karena meninggalkan semuanya sampai menit terakhir. Jauh lebih bermanfaat jika mereka membangun keterampilan untuk konsisten menyisihkan sejumlah waktu setiap hari untuk belajar. Mungkin 20 menit per hari, atau mungkin tiga jam per hari. Yang penting bukan berapa banyak waktu, tapi konsistensi anak Anda.

Anda juga harus membantu dengan menciptakan suasana yang nyaman bagi proses belajar anak. Jangan sampai Anda menyuruh anak belajar, tetapi Anda malah menyetel televisi kencang-kencang.

4. Doronglah Persahabatan yang Saling Menginspirasi

Individu yang dipilih oleh anak Anda untuk menghabiskan waktu bersama akan mengubah arah dan kebiasaan mereka dari waktu ke waktu. Jika anak Anda memilih teman yang mengilhami mereka untuk membangun karakter mereka dan yang mendorong mereka untuk bekerja keras dalam hidup, anak Anda biasanya akan berjalan menyusuri jalan yang sama. Jika anak Anda memiliki lebih banyak teman yang hanya tertarik bersenang-senang, kemungkinan besar anak Anda pun akan meniru. Anak perlu didorong untuk menemukan sahabat yang bisa menginspirasi mereka.

Persahabatan (sumber: kaskus.id)
Baca juga: Perundungan, Lagi dan Lagi

5. Berikan Nutrisi yang Baik

Nutrisi memainkan peran penting dalam pembentukan otak secara maksimal. Meski junk food merupakan bagian umum dari kehidupan kebanyakan remaja, ajari anak Anda untuk menjaga asupan makanan utama mereka tetap sehat. Buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, karbohidrat, dan lemak sehat bisa menjadi pilihan sumber nutrisi utama anak Anda. Pertimbangkan suplemen jika anak Anda adalah pemilih makanan atau jika makanan mereka kurang dari takaran seharusnya.

6. Dorong Anak Mempunyai Rutinitas Positif

Meskipun rutinitas remaja Anda pasti berbeda daripada saat mereka kecil, tetap merupakan bagian penting untuk menjaga agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Bicaralah dengan anak Anda tentang makanan biasa, waktu tidur biasa, dan cukup tidur setiap malam. Ini akan memberi tubuh mereka kesempatan untuk mengetahui apa yang diharapkan setiap hari, dan tubuh mereka kemudian akan memberi mereka hasil yang lebih baik.

Rutinitas positif anak (Sumber: http://static.mama365.gr)
Baca juga: Memilih Permainan Online untuk Anak

Masa remaja adalah masa transisi, masa pencarian jati diri. Anda sebagai orang tua akan menjadi sumber pertolongan anak remaja Anda saat mereka mengalami masa-masa sulit ini. Ambillah setiap kesempatan untuk berbagi kebijaksanaan Anda dengan mereka mengenai bagaimana cara menghayati hidup dengan baik. Dengan usaha Anda yang maksimal sebagai orang tua, diharapkan anak bisa meraih kesuksesan di sekolah.



5 komentar:

  1. Kita sebagai orang tua harus berperan penting dan selalu support anak
    Kunbal y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, kewajiban sebagai orang tua. Terima kasih kunjungannya

      Hapus
  2. Nice infonya, selaku orangtua mmng harus mmberi dorongan kuat buat anak2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Anak perlu teladan dari orang tuanya.

      Hapus
  3. zaman sekarang emang rada susah kalau nyuruh anak ngebaca. Tantanganbanget rasanya

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~