2017-10-02

Tempat Menulis Online dan Dibayar

Menulis, selain menjadi sebuah hobi, adakalanya menjadi sebuah kewajiban bagi sebagian orang.

Bagi orang yang hobi menulis, apa yang ditulisnya bebas tanpa intervensi siapapun. Mau fiksi atau nonfiksi, terserah. Lha, wong namanya hobi. Tema yang diangkat pun beragam, situasional, dan uptodate atau kekinian. Satu yang pasti, mereka konsisten menulis. Tanpa beban, murni menyalurkan hobi sekaligus opini. Syukur ada yang tergugah dan tercerahkan, juga terbuka wawasannya lewat tulisan-tulisan mereka.

Mereka yang hobi dan konsisten menulis tersebut, tulisan-tulisannya kerap menghiasi halaman-halaman surat kabar maupun media online, buku-buku fiksi atau nonfiksinya bertebaran di toko-toko buku. Rahasianya? Ya, konsisten itu tadi.

Lain halnya bagi yang ‘terpaksa’ menjalani kewajiban menulis. Kenapa terpaksa? Ya, karena menulis itu menjadi pekerjaan utamanya sehari-hari. Meskipun pada akhirnya ia terbiasa menulis, tetapi menulis bukanlah panggilan utama jiwanya. Contohnya: profesi sekretaris. Seorang sekretaris itu wajib menulis, kan? Wajib mencatat banyak hal tentang kantor, mengurusi surat-menyurat, dan lain-lain yang berhubungan dengan tulis menulis.

Namun, lambat laun keterpaksaan juga bisa menumbuhkan cinta, kok (jiaaah). Toh, sudah ada imbalan setimpal (gaji) dari keterpaksaan menulis itu, bukan?

Ok, kembali ke soal hobi menulis. Pada artikel kali ini saya ingin berbagi mengenai tempat berbagi tulisan online yang sekaligus menghasilkan. Jadi, tempat menulis online dan dibayar. Apa ada? Ada... berikut ini list-nya

1. Program UC We-media
 
Program UC We-media cukup booming akhir-akhir ini. Program UC We-media adalah sebuah platform layanan gratis yang bertujuan untuk berkomunikasi, mengekspresikan diri, dan mendukung kebebasan berpendapat.

Artikel-artikel yang ingin dipublikasikan melalui UC We-media akan diseleksi oleh tim editor. Terdapat beberapa aturan tentang penulisan artikel, termasuk masalah plagiarisme yang menjadi perhatian utama.

Ada tingkatan-tingkatan kontributor seperti pemula dan lanjutan yang mempunyai benefit berbeda. Reward-reward menarik pun telah menanti Anda yang rajin menulis.

Lebih enaknya lagi, ada topik-topik terhangat yang akan membantu Anda menulis artikel yang kemungkinan akan dibaca banyak orang.

Anda tertarik? Silakan mencoba melalui https://wm.ucweb.com.


2. Vebma
Siapa saja boleh bergabung dengan vebma.com, baik Anda seorang blogger, penulis, wartawan, guru, pelajar, atau mahasiswa. Silakan bergabung dan dan menulis konten di vebma.com. 


Sistem di vebma tidak dibangun mengggunakan MLM, vebma.com dibangun untuk memberikan benefit bagi setiap user yang bergabung dan menulis artikel di vebma.com, keuntungan yang anda dapatkan selain dibayar per artikel, saat ini kami dengan senang hati mengumumkan penulis mendapat tambahan dari setiap view yang didapat oleh artikel yang ditulis oleh penulis. Kesimpulannya, Anda akan tetap mendapatkan bayaran selama artikel yang Anda tulis menghasilkan pengunjung.

Lalu, berapa bayaran untuk setiap artikel yang dipublikasi di vebma? Sebelumnya Vebma.com memberikan bayaran sebesar Rp10.000--Rp20.000 per artikel yang terpublish di Vebma, ditambah CPM Rp1/view.

Setelah melewati berbagai pertimbangan untuk menyemangati penulis, pihak vebma akhirnya menambah harga CPM dua kali lipat dari sebelumnya Rp.1/view kini sebesar Rp.20.000/10.000 view. Itu artinya Anda akan dibayar Rp20.000 untuk 10.000 view yang dihasilkan artikel Anda.

Apakah Anda tertarik menulis di media online seperti di atas? Mungkin Anda bisa mencoba untuk terus mengasah skill menulis Anda. Silakan. Atau... Anda mempunyai referensi media online yang lain?
 

10 komentar:

  1. Makasih mas sharingnya. Jadi pengen neh nulis di uc news...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mas. Monggo dicoba

      Hapus
  2. Belum pernah coba keduan nya

    BalasHapus
  3. Jadi ada gambaran juga ya kak buat nulis di UC News sama vebma tetapi aku belum mencoba keduanya kak jadi harus fokus salah satu dulu mana yang harus ditulis dan pastinya konsisten

    BalasHapus
  4. Jadi ada gambaran juga ya kak buat nulis di UC News sama vebma tetapi aku belum mencoba keduanya kak jadi harus fokus salah satu dulu mana yang harus ditulis dan pastinya konsisten

    BalasHapus
  5. Wah jadi semangat buat nulis...makasih banyak sharingnya mas keren banget.

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~