2017-12-13

Terus Belajar Dengan Teknologi

Mengapa kita harus selalu penasaran dan terus belajar tentang teknologi baru? bacalah artikel Terus Belajar dengan Teknologi ini dan cari tahu apa penyebabnya.

Era sekarang adalah era otomasi dan kemajuan teknologi. Hampir semua bidang telah dimodifikasi oleh peralatan teknis dengan segala inovasinya. Semua hal sepertinya telah dibuat mudah oleh pengetahuan dan kerja keras para ilmuwan. Selain itu, teknologi telah membuat hal-hal yang mungkin hanya ada dalam imajinasi seseorang satu dekade yang lalu. 


Persaingan sehat selalu terbukti bermanfaat bagi suatu industri dan secara langsung mempengaruhi kinerja pesaing yang membiarkan konsumen memiliki produk dan layanan terbaik. Jadi, dari persaingan dan inovasi yang sehat, telah ditemukan inovasi terbaru yang telah diadopsi untuk membuat tren modernisasi.

Jika teknologi menawarkan begitu banyak penemuan menarik dan berharga, mengapa kita tidak memanfaatkannya dengan sepenuhnya?

Dalam artikel Terus Belajar dengan Teknologi ini, kita akan berbicara tentang pendidikan dan cara menggunakan teknologi secara bermakna dalam proses belajar dan mengajar.


Augmented Reality
Realitas tertambah, atau kadang dikenal dengan singkatan bahasa Inggrisnya AR (augmented reality), adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekadar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Sumber: http://letzgro.net
Tahun 2015 dapat dinyatakan sebagai 'Year of Augment Reality'. Berbagai penemuan di bidang peningkatan realita dan alat dan sumber daya terkait telah diperkenalkan di tahun ini. Kumpulan aplikasi yang diberdayakan dengan teknologi muncul di pasaran pada tahun 2015. Sekolah dan institusi pembelajaran lainnya memanfaatkan sepenuhnya dan bergerak menuju modernisasi. 

Salah satu contoh aplikasi AR yaitu AR Flashcards. Aplikasi ini memungkinkan pengguna mengetahui bentuk dan warna. Sebuah kartu bergambar binatang ketika disorot dengan smartphone tiba-tiba bisa memunculkan bentuk binatang tersebut secara real. 


Belajar dengan Membuat Video
Terkadang belajar itu bisa cukup membosankan di beberapa titik waktu. Jadi, menemukan cara baru dan unik untuk dipelajari adalah pilihan yang bagus. Pembuatan video, misalnya, menjadi kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak maupun para siswa. Hal ini tak kalah dari sekadar belajar sambil bermain. Saat membuat video, Anak dapat menampilkan kemampuan berekspresi mereka. Banyak sekali aplikasi yang bisa membantu untuk membuat video yang hebat.


Membuat Presentasi dengan Aplikasi
Presentasi bagi sebagian orang adalah tugas yang menyenangkan untuk dilakukan, tetapi bagi sebagian yang lain merupakan sebuah beban. Namun, saat ini, teknologi telah menunjukkan keajaibannya. Kita bisa membuat presentasi yang sangat menarik menggunakan beragam aplikasi mutakhir. Sebut saja contoh seperti Prezi, Voki, Tellagami, dan GoAnimate. Aplikasi terbaru tersebut dapat membantu siswa dan juga guru untuk membuat presentasi animasi yang menarik dan unik.


Ingin Belajar Sesuatu Yang Baru? Belajarlah Secara Online
Pendidikan jarak jauh juga telah mengambil lompatan dalam dekade ini. Sistem ini diadopsi oleh banyak siswa di seluruh dunia. Oleh karena itu, situs web dan aplikasi tertentu juga ada untuk membantu mereka dalam mencapai nilai pendidikan. Kemajuan teknologi terutama internet sangat membantu mereka yang ingin belajar tanpa menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Belajar cukup mengikuti webinar atau kuliah online saja.


Manfaatkan Sepenuhnya Ponsel Anda
Lewatlah sudah hari-hari ketika buku adalah satu-satunya sumber pengetahuan dan pembelajaran konseptual. Saat Ini adalah era teknologi seperti yang telah kita bicarakan di awal, sekarang Anda bisa menggunakan perangkat mobile Anda dengan cara yang sangat berbeda seperti sebelumnya. Jutaan alat dan aplikasi pendidikan telah dikembangkan untuk kemajuan massa. Tinggal bagaimana Anda bisa memanfaatkan smartphone Anda dengan lebih maksimal.


Gunakan Teknologi untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis
Menulis sangat diminati akhir-akhir ini. Menulis menjadi kegiatan yang menunjang nilai akademik. Baik itu dalam bentuk pekerjaan rumah, esai, atau pun tugas, seseorang harus memiliki keterampilan menulis yang baik dalam era kompetitif ini. Banyak referensi dan sumber daya melalui internet yang dapat membantu Anda menghasilkan tulisan yang bagus. Asal jangan menjadi plagiat saja, ya. 

Pendidikan sudah seharusnya sedang diintegrasikan dengan teknologi, dengan demikian akan muncul inovasi yang lebih menarik dan bermanfaat. 

19 komentar:

  1. Terimakasih banyak ya mas ahmad, informasinya

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah kecanggihan teknologi banyak manfaatnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. banyak manfaat tapi juga harus diwaspadai dampaknya.

      Hapus
  3. Belajar membuat video, aduh-aduh senangnya kalau dah bisa buat video

    BalasHapus
  4. sipp.. betul banget, kita harus memanfaatkan dan mempelajari setiap teknologi yg muncul, karena teknologi sangat akrab dengan lingkaran hidup kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, teknologi sangat memudahkan kehidupan manusia.

      Hapus
  5. Pengen maju ya harus terbuka dengan perkembangan dan kemajuan teknologi..

    BalasHapus
  6. Kemajuan zaman berbanding lurus dgn kemajuan teknologi jdi kita hrus bisa menggunakan dan memanfaatkannya dengan sebaik baik nya ya. Makasih infonya mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mbak. Benar, inovasi teknologi semakin maju seiring perkembangan zaman.

      Hapus
  7. wah iya Mas, di era digital ini memang kita harus dan wajib mengenal apa itu teknologi dan perkembangannya... sip Mas... nice post! terus berkarya! 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih motivasinya, Mbak.

      Hapus
  8. Saya sepakat mas, dunia pendidikan terutama guru juga harus bisa menggunakan teknologi untuk mengajar . Termasuk juga mengajarkan teknologi tersebut kepada anak didiknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, yang paling penting juga mengajarkan anak memilih teknologi yang sesuai untuk mereka.

      Hapus
  9. Teknologi saat sekarang ini sudah menjadi kebutuhan yg wajib diikuti perkembangannya ya mas

    BalasHapus
  10. sebenarnya sih klo skrng semua nya udah tersedia diinternet kalo mau bljr apa aja bisa dari internet, beljar otodidak dari internet

    BalasHapus
  11. Sangat bermanfaat, semoga kita bisa mengajar dengan metode-metode baru.

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~