2018-03-18

Jeparadise, Jepara Nan Menawan Hati

LOGO KABUPATEN JEPARA
Jepara merupakan salah satu kota kecil di pesisir pantai utara. Jepara kota yang indah dan bersih. Terbukti Kota Jepara beberapa kali menyabet adipura dari pemerintah. Sebagai kota kecil, Jepara tidak bisa dipandang sebelah mata. Jepara menyimpan berbagai hal yang luar biasa.
Jepara menyimpan potensi luar biasa sebagai kota tujuan wisata di Jawa Tengah. Maklum saja, bila mendengar kata Jepara disebut, dalam benak pasti akan langsung tertaut beberapa sesuatu yang paling menarik di Jepara. Sesuatu yang menarik tersebut bisa dijadikan magnet untuk menarik perhatian wisatawan baik lokal maupun mancanegara.
Hal pertama yang paling menarik di Jepara tentu kepahlawanan seorang pejuang wanita bernama Raden Ajeng Kartini. R.A Kartini yang asli putri Jepara menjadi salah satu peletak dasar emansipasi wanita. Jepara pun memiliki julukan Bumi Kartini. Kartini menjadi salah satu simbol kebanggaan masyarakat Jepara. Nama Kartini menjadi nama pahlawan yang menjadikan nama Jepara menjadi harum. 
R.A. Kartini
Hal menarik selanjutnya yaitu kerajinan ukir. Sesuai dengan label khas Kota Jepara yaitu kota ukir, Jepara memang sangat identik dengan kerajinan ukir. Kerajinan ukir Jepara memiliki daya magnet tak hanya bagi bangsa Indonesia. Ukiran dari Jepara sebagai produk buatan tanah air ini telah banyak menghiasi rumah-rumah mancanegara, pameran internasional, dan dikagumi ciri khasnya oleh bangsa lain. Ukir Jepara mampu mengangkat nama Indonesia di kancah dunia. 

Perempuan Jepara sedang mengukir.

Hal menarik selanjutnya yang terdapat di Jepara adalah objek wisata. Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang berperan penting mendukung laju pembangunan di Kabupaten Jepara. Selain memberikan kontribusi finansial, tanpa bermaksud mengesampingkan sektor-sektor yang lain, harus diakui sektor pariwisata turut berperan aktif mengangkat nama Kabupaten Jepara di kancah nasional maupun internasional.
Di antara berbagai pilihan objek wisata yang terdapat di Kabupaten Jepara, objek wisata bahari adalah objek wisata yang paling dominan keberadaannya. Hal ini disebabkan letak geografis Kabupaten Jepara yang memang berada di pesisir pantai utara Jawa. Beberapa objek wisata bahari yang terdapat di Kabupaten Jepara dan dikenal luas antara lain Pulau Karimun Jawa, Pantai Kartini, Pantai Bandengan, dan Pantai Benteng Portugis. Di samping itu, sebenarnya masih ada beberapa pantai kecil yang sudah dijadikan objek wisata namun kurang begitu populer karena masih berskala kecil dan agak sulit dijangkau alat transportasi, misalnya Pantai Suweru dan Pantai Beringin.

Wahana Kura-Kura, ikon Pantai Kartini Jepara
Jepara Ocean Park (JOP)
Pintu gerbang Pantai Benteng Portugis

Untuk ukuran kota kecil seperti Jepara, objek wisata bahari yang cukup banyak tersedia merupakan berkah tersendiri. Penduduk lokal dapat memanfaatkan wahana yang ada sebagai tempat mencari nafkah. Opsinya pun menjadi bermacam-macam. Tidak hanya menjadi nelayan dan mencari ikan saja yang bisa dikerjakan, melainkan masih banyak lagi corak pekerjaan yang lain. Sebagai contoh, penduduk lokal bisa berdagang benda-benda kerajinan khas objek wisata bahari tertentu. Tak dimungkiri, hal ini  bisa menekan angka pengangguran.



1 komentar:

  1. Kapan nih bisa ke jepara, bakalan keliling kalo udah tau tempat bagusnya

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~