Pentingkah Outline Tulisan?

Outline
Sumber gambar: freepik.com
Kita tentu sering mendengar atau membaca kata outline. Sebenarnya, apa sih outline itu? Outline dalam bahasa Indonesia bisa dipadankan dengan kata kerangka. Kerangka merupakan garis besar atau rancangan suatu hal.
Dalam tulisan ini, saya ingin membahas outline berkaitan dengan teks atau naskah. Seperti hasil karya lain, tulisan memerlukan garis besar atau rancangan yang menjadi dasar pembuatannya. Sebelum membuat lukisan, pelukis membuat sketsa kasar dulu. Atau sebelum mematung, si pematung membuat kerangka dari kawat dulu. Demikian pula tulisan.
Penulis hendaknya membuat kerangka dasar yang nanti dikembangkan menjadi tulisan utuh.

Pentingkah Outline?
Dilihat dari sisi penting-tidaknya membuat outline sebelum menulis, jawabannya tentu relatif. Ada penulis yang bisa dengan lancar sekali menuliskan ide-ide dalam kepalanya. Penulis seperti ini biasanya penulis yang sudah sangat mahir sehingga
bisa menyusun tulisan yang runtut dan sistematis secara langsung atau sekali jadi. Namun, kebanyakan kita -termasuk saya- masih perlu bersusah-payah untuk menghasilkan tulisan yang baik dan sistematis.
Di sinilah pentingnya menyusun outline. Penulis kadang tergoda untuk mencurahkan beragam tema dalam satu tulisan dan akibatnya menjadikan tulisannya menjadi kabur tema intinya.  Outline membantu penulis untuk tetap fokus pada tema tulisannya. Outline membantu penulis tetap berada pada rel tema utama yang ditulisnya.
Meskipun demikian, penulis tidak perlu kaku menuruti outline yang sudah dibuatnya. Ingat, menulis dimulai dengan menggunakan otak kanan, menggunakan kreatifitas. Sesudah itu baru tahap penyuntingan yang menggunakan otak kiri, menggunakan rumus-rumus EYD, kaidah-kaidah bahasa baku. Biarkan ide-ide yang bermunculan semakin memperkaya tulisan Anda.
Jadi, tetap biarkan pikiran untuk berimajinasi ketika pertama kali menulis, baru setelah itu disunting menggunakan perhitungan rumus-rumus EYD dan kaidah tata bahasa baku. Yang penting lagi, mulailah untuk menulis, apapun, di manapun, kapanpun.
Pentingkah Outline Tulisan? Pentingkah Outline Tulisan? Reviewed by Ahmad Salim on November 02, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar:

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan tinggalkan jejak dengan berkomentar di sini. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~