2017-11-24

Viral, Kreatif Sekali Baliho Go-Jek Ini

Sudah tahu Go-jek, bukan? Pasti tahu, dong. Salah satu penyedia layanan transportasi online ini memang sering menjadi buah bibir sejak kemunculannya. Ada saja sesuatu tentang go-jek yang menjadi viral di masyarakat. Mulai dari persoalan perizinan/regulasi, tarif, keluhan konsumen tentang layanannya, dan lain sebagainya. 

Viral tentang gojek yang terakhir adalah mengenai billboard (baliho) gojek yang antimainstream, lain dari yang lain, dan terkesan menentang arus periklanan yang lazim. Pakem iklan biasa pun ditabrak dengan menampilkan iklan yang unik dan sangat memancing rasa penasaran. Berikut ini balihonya.
Sumber Foto : Twitter/@Supersakid
Biasanya baliho berisi materi gambar dengan kalimat promosi yang menarik, nah, baliho gojek ini malah berisi dua paragraf panjang tanpa gambar apapun kecuali menyempilkan logo gojek di bagian bawah. 

Bisa dibayangkan, kan, bagaimana reaksi orang-orang. Eh, buseet, ini cerpen apa iklan? Begitu mungkin yang ada di benak orang-orang saat pertama kali melihatnya. Akan tetapi, orang-orang justru semakin tertarik dan membaca habis materi iklan di dalamnya.

Baliho tersebut brilian sekali kalau menurut saya. Pemilihan materi iklan seperti itu tentu dengan menyesuaikan dengan situasi dan kondisi, juga analisis lokasi yang matang. Baliho tersebut diletakkan di kawasan padat nan macet di Kuningan, Jakarta Selatan. Lalu lalang kendaraan yang padat ditambah dengan kemacetan yang terjadi membuat iklan tersebut menjadi tidak sekadar iklan, tetapi juga seperti bacaan hiburan pengisi kepenatan. Ini nih materi iklannya.
Chief Marketing Officer Go-Jek, Piotr Jakubowski, via marketeers.com, mengungkapkan bahwa konsep billboard seperti itu bukan hal yang baru, tetapi menjadi heboh karena relevan. Pemilihan lokasi dan konten yang tepat menjadi kunci keberhasilan iklan mereka. Dia mengungkapkan saat pertama kali melihat draft iklan tersebut langsung setuju karena tertarik dengan draft yang otentik dan inovatif.

Tak pelak, baliho tersebut akhirnya menjadi viral dengan cepat di sosial media. Komentar yang paling ramai malah banyak yang akhirnya menjadi nge-fans dengan copywriter-nya, hehehe. 

Yup, ide tersebut harus kita acungi jempol memang. Apa yang bisa kita petik dari viralnya iklan gojek tersebut? Yaitu bahwa ide yang orisinil, kreatif, dan inovatif pasti akan selalu mendapatkan tempat di hati khalayak. Di samping itu, analisis lokasi yang tepat akan sangat mendukung keberhasilan iklan tersebut. Sejalan dengan gencarnya gerakan literasi yang diprogramkan oleh pemerintah, iklan tersebut juga dianggap sebuah gerakan literasi yang mengajak agar masyarakat lebih gemar membaca. Selamat membaca iklan.


2 komentar:

  1. Yang kreatif emang bikin cepat dikenal ya. Kunbal y

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, antimainstream, lain dari yang lain. Trims sudah mampir

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~