Observasi Pribadi: Blog tentang gaya hidup

2015-12-01

Sumber Inspirasi Menulis

Sumber gambar: freepik.com
Setiap penulis memerlukan inspirasi untuk ide tulisannya. kadang-kadang, ide itu bisa datang dari sumber yang tidak terduga. Dalam tulisan ini, saya mencoba mengumpulkan beberapa cara favorit untuk mendapatkan inspirasi menulis. Semoga beberapa cara ini bisa Anda temui dan menjadi inspirasi yang memudahkan Anda menulis.

Ø Blog/website
Membaca blog orang lain bisa dijadikan salah satu cara favorit untuk menemukan inspirasi. Anda menjadi tahu topik yang sedang menjadi trend. Anda bisa mengembangkan topik itu sesuai karakter tulisan Anda.

Ø Buku
Buku juga merupakan inspirasi yang sangat menarik. Membaca karya para penulis akan membuat otak terbuka dengan wawasan baru. Amati dan tirulah gaya menulis penulis favorit Anda.

Ø Dialog di sekitar kita
Jika kita sedang ngobrol dengan teman atau ketika kita sedang berada di ruang public dan tidak sengaja mendengarkan obrolan orang lain, sesungguhnya itu bisa dijadikan sumber inspirasi. Simak dengan baik dan ingatlah dialog yang menarik untuk dijadikan sumber inspirasi menulis.

Ø Surat kabar/majalah
Surat kabar dan majalah yang berkualitas tentu diisi oleh penulis yang luar biasa. Dapatkan inspirasi dari berita-berita atau artikel di dalamnya. Temukan cara bagaimana membuat headline yang menarik dan ditunggu jutaan pembaca setiap hari.

Ø Film
Kadang-kadang dalam sebuah film akan muncul karakter tokoh dengan dialog yang indah. Alur serita yang seru dan menarik, kecantikan gambar pemandangan alam dalam film juga merupakan sumber inspirasi menulis yang baik.

Ø Forum Ketika seseorang menulis di sebuah forum, mereka menulis untuk menyampaikan gagasan atau informasi tertentu pada anggota forum yang lain. Informasi itu bisa Anda jadikan sumber inspirasi menulis secara gratis. Bergabunglah dengan forum-forum yang sesuai hobi atau kesukaan Anda. Niscaya akan banyak ide menghampiri.

Ø Musik dan Lagu
Ketika Anda menulis, putarlah lagu atau musik yang Anda sukai. Latar music yang menemani Anda menulis akan menginspirasi otak dengan ide-ide baru. Meskipun, bagi sebagian orang lebih mudah menulis dengan tanpa mendengarkan musik atau lagu.

Ø Grup dan Komunitas Menulis
Entah online atau offline, bergabung di grup dan komunitas menulis adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan motivasi dan energi menulis. Dalam grup menulis, tulisan Anda akan dikritisi serta diberikan usulan perbaikan dan pengembangan. Bergabung dengan sesame penulis akan memacu Anda berusaha menulis lebih baik lagi.

Demikianlah beberapa cara untuk mendapatkan inspirasi menulis. Terus berlatih dan mencoba adalah kunci untuk hasil tulisan yang lebih baik.

8 komentar:

  1. Kadang sering juga dapat inspirasi dari mendengarkan cerita temen hehe, salam kenal bang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mampir dan tambahan inspirasinya. salam kenal juga.

      Hapus
  2. Mas Ahmad menulis buku ya? Paling enak tuh dengerin curhat temen, bisa buat bahan cerita ahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih taraf belajar, Mas Ikhwan. Hehehe benar juga tuh. Sambil mendengarkan sambil menjaring ide. Trims sudah mampir.

      Hapus
  3. saya biasanya dr kejadian sehari2 yg dialami bisa jadi ide nulis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak. inspirasi dari mana saja.

      Hapus
  4. kalau saya ingin dapatin inspirasi diawali sama jalan-jalan, lalu mengamati sekitar dan biasanya nemuin hal janggal atau sesuatu yang gak baik, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mas Rifa, kejadian-kejadian di sekitar kita adalah sumber ide yang melimpah. Tinggal kita olah menjadi lezat untuk dibaca.

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~