Observasi Pribadi: Blog tentang gaya hidup

2017-07-27

5 Cara untuk Menjelajahi Topik yang Ingin Anda Tulis

Begitu Anda memutuskan untuk menulis tentang sesuatu, wajar rasanya kalau Anda mulai merasa terbebani dengan volume gagasan yang membanjiri pikiran Anda. Hal sebaliknya juga bisa terjadi. Menurut saya penting untuk menyadari bahwa menulis memberi kesempatan untuk mengeksplorasi kumpulan pengetahuan langka dan mempelajari sesuatu yang baru.

Sumber gambar: http://blog.triway.net.br
Mulai proses menulis Anda dari nol akan memberi Anda kesempatan untuk mempertajam kemampuan analitis dan tulisan Anda. Pada akhirnya, Anda akan menemukan sesuatu tentang diri Anda pada akhir proses. Sebelum mulai menulis, jelajahi topik melalui langkah-langkah berikut:
  • Buat daftar hal yang ingin Anda tulis; Ini adalah sesi brainstorming Anda. Luangkan waktu untuk itu. Biarkan pikiran Anda mengembara. Tulislah semuanya: pikiran, gagasan, perasaan. Terserah, Anda bisa menulis secara acak atau terorganisir, yang penting sesuai untuk Anda. Jangan khawatir dengan kata-kata yang Anda pilih. Menulislah secara bebas pada tahap ini.
  • Buatlah buku catatan penulis atau jurnal dan tuliskan pengalaman Anda mengenai topik yang Anda minati dan bagaimana perasaan Anda terhadapnya. Tuliskan apa yang telah Anda pelajari dari percakapan yang Anda alami dengan orang-orang yang berkecimpung seputar topik. Galilah topik melalui forum online atau offline yang mendiskusikan topik ini dan catatlah. Dari waktu ke waktu, baca jurnal Anda dan tuliskan wawasan baru. Jangan khawatir tentang tata bahasa dan ejaan. Buku catatan Anda adalah ruang pribadi Anda untuk merasa bebas.
  • Ajukan pertanyaan tentang topik.
Contoh:
Siapa atau tentang apa topik tersebut dan mengapa?
Mengapa saya tertarik dengan topik A, B atau C?
Informasi apa yang tersedia tentang topik ini?
Wawasan apa yang ingin saya tambahkan ke topik ini?
Apa yang terjadi dalam cerita ini?
Siapa yang menyebabkan tindakan dalam cerita ini (jika ada)?


Tuliskan jawaban Anda dan bandingkan dengan catatan / daftar sebelumnya yang Anda buat mengenai topik ini. Saat Anda membandingkan gagasan Anda, carilah persamaan, kontras, hubungan, dan pengulangan.
  • Kumpulkan daftar, pengalaman, gagasan dan wawasan Anda ke dalam kelompok; Ini disebut clustering secara tertulis. Anda dapat membuat tabel sederhana dengan kolom dan baris, dan mengelompokkan gagasan, pemikiran, dan pengamatan serupa di kolom terpisah. Anda juga dapat menggambar peta pikiran sederhana dengan lingkaran, kotak, atau empat persegi panjang, dan atur gagasan dan catatan topik Anda di dalamnya. Gunakan garis atau panah untuk menghubungkan kelompok terkait. Proses ini membantu Anda mengatur pemikiran Anda tentang masalah ini.
  • Menulis Bebas: Inilah gaya penulisan yang Anda gunakan saat melakukan brainstorming dan menjawab pertanyaan yang Anda tanyakan pada diri sendiri. Tuliskan pemikiran dan jangan khawatir apakah masuk akal atau tidak. Tulislah selama Anda membutuhkannya.
Denikianlah, melalui langkah-langkah ini akan Anda akan terbantu untuk mempersempit daftar topik Anda, menghasilkan gagasan untuk draf pertama Anda, dan menulis dengan yakin tentang topik yang Anda pilih.

Selamat menulis, apa pun dan di media mana pun.

Sumber Artikel: http://EzineArticles.com/9742032
Diterjemahkan dari artikel sumber berjudul: Five Ways to Explore Topics You Want to Write About

7 komentar:

  1. Mantap, keren, pencerahannya

    BalasHapus
  2. mungkin kedepan saya juga akan terjun ke dunia kepenulisan buku, semoga bisa konsisten

    BalasHapus
  3. mantaf, memang sering mentok kalo mau ngembangin isi. masalahnya terkadang tetap aja mentok kalo mood lagi buruk hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, perlu mood booster kayaknya, nih, hehehe

      Hapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~