2019-08-21

Kriteria Broker Asuransi yang Bisa Dipercaya


Di era teknologi informasi saat ini dengan kompleksitas kegiatan bisnis yang meningkat dan kompetitif, perusahaan asuransi juga dituntut untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman dan mengembangkan produk asuransi ke berbagai industri. Selain menawarkan produk untuk pertanggungan jiwa, diri, pendidikan, kesehatan, maka saat ini produk asuransi juga semakin meluas dengan memberikan jaminan perlindungan di berbagai sektor industri dengan manfaat atas risiko yang diasuransikan.

Salah satu dampak yang terjadi adalah persaingan ketat antara perusahaan asuransi yang berimbas pada semakin tingginya angka laporan di mana beberapa nasabah merasa dirugikan oleh pihak perusahaan asuransi padahal nasabah tersebut rutin bayar premi.

Dengan alasan tersebut dan selaras dengan Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1992 mengenai asuransi, dibentuklah Broker Asuransi. Broker ini berperan membantu agar nasabah (pemegang polis/tertanggung) bisa mendapatkan produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan setelah konsultasi dengan broker asuransi tersebut.

Terkait dengan asuransi bisnis, broker asuransi akan sangat membantu bagi para pelaku usaha yang sudah menyadari pentingnya asuransi bisnis, dan juga bagi yang baru mulai menyadari pentingnya membeli asuransi untuk risiko bisnisnya.

Selain tidak berafiliasi dengan hanya satu perusahaan asuransi saja, broker asuransi akan membantu klien (nasabah atau pemegang polis) untuk mendapatkan hak-haknya secara penuh atas perusahaan asuransi. Kebutuhan asuransi untuk setiap bisnis biasanya unik dan berbeda di mana dibutuhkan pengelolaan risiko di perusahaan. Perbedaan inilah yang menuntun broker asuransi memberikan layanan konsultasi risiko untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Memilih broker asuransi juga harus melalui beberapa pertimbangan, dan pastikan bekerja sama dengan broker asuransi yang sudah memiliki track record baik. Berikut adalah beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk memilih broker asuransi.

·       Perusahaan yang kredibel
    Indonesia memiliki banyak broker asuransi, tetapi pilihlah yang sudah berpengalaman dan memiliki izin usaha broker asuransi dari dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Jika memungkinkan, mintalah laporan keuangan terbaru sebagai bukti kredibilitas dan kapasitas perusahaan broker asuransi tersebut.

·       Reputasi dan pengalaman dalam melayani klien
    Cari tahu berapa banyak dan siapa saja klien yang pernah bekerja sama dengan broker asuransi tersebut. Hal ini menunjukkan seberapa besar kepercayaan klien terhadap perusahaan broker asuransi. Semakin banyak industry yang bekerja sama dengan perusahaan broker asuransi, semakin kredibel referensi yang bias ditawarkan broker asuransi.

·       Kerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi
Kredibilitas sebuah perusahaan broker asuransi juga bias dilihat dari banyaknya jumlah kerja sama dengan berbagai perusahaan asuransi. Apalagi jika sudah memiliki jaringan luas di berbagai segmen industri, hal ini tentu akan memudahkan klien untuk memilih ragam produk asuransi yang dibutuhkan. Selain itu, broker asuransi juga  akan memberikan solusi dan strategi yang lebih komprehensif, serta terdapat nilai tambah berupa syarat dan ketentuan produk asuransi yang bias diperluas sesuai risiko bisnis,

·       Referensi analisis risiko dan solusi
    Berdiskusi dan berkonsultasi dengan broker asuransi adalah syarat utama sebelum memutuskan membeli produk asuransi. Jika memungkinkan, mintalah contoh referensi studi kasus analisisis risiko dan solusi yang diberikan kepada klien broker asuransi. Pahami contoh studi dan rekomendasi yang diberikan broker asuransi, sehingga dapat yakin untuk memilih broker asuransi yang dapat memenuhi kebutuhan dan risiko bisnis.
Perusahaan broker asuransi besar yang memiliki kriteria tersebut di atas adalah MARSH Indonesia, broker asuransi yang telah bekerja sama dengan banyak perusahaan asuransi kredibel di Indonesia dan melayani ribuan perusahaan di Indonesia. MARSH juga berhasil mendapatkan penghargaan sebagai perusahaan broker asuransi terbaik selama lima tahun berturut-turut.

MARSH Indonesia akan membantu klien memilih produk asuransi yang tepat dengan memahami profil risiko melalui analisis struktur pembiayaan risiko yang paling efisien dengan strategi yang jelas. Sebagai broker asuransi besar dan terkemuka, MARSH Indonesia tentunya memiliki tim yang berdedikasi untuk memberikan layanan konsultasi terbaik bagi klien sehingga risiko dapat terkelola dengan baik dan perusahaan klien dapat tumbuh dan berinovasi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~