2019-08-23

Mengapa Memilih Bepergian dengan Kereta Api?


Beberapa orang lebih menyukai bepergian dengan kereta api. Mereka senang menggunakan moda transportasi tersebut dibandingkan moda transportasi lain yang tersedia. Mereka tentu saja memiliki beberapa alasan khusus. Misalnya, takut bepergian dengan pesawat, malas duduk berdesakan di dalam mobil, dan lain sebagainya.

Apalagi saat ini kondisi perkeretaapian di Indonesia juga semakin maju dan modern. Di beberapa stasiun besar, model pelayanan bahkan mirip seperti dengan bandara. Pun pelayanan di dalam keretanya yang semakin nyaman dan aman. Sepuluh atau dua puluh tahun lalu, mungkin alat transportasi kereta api masih dipandang sebelah mata. Namun, sekarang sudah lain cerita.

Jadi, masihkah Kamu ragu untuk menggunakan kereta api?. Kamu perlu mengetahui beberapa keunggulan dan keuntungan ketika bepergian menggunakan kereta api. Cobalah mulai mengatur skedul untuk perjalanan kamu menggunakan kereta api. Tiket kereta api saat ini cukup mudah didapatkan baik dengan cara membeli secara online maupun offline.  Kamu cukup menggunakan aplikasi pembelian tiket online maupun datang langsung di gerai-gerai penjualan tiket kereta api.

Berikut ini ialah beberapa alasan yang akan mendukung Kamu agar lebih memilih moda transportasi kereta api.

1.  Petualangan Kamu Dimulai Sejak Duduk di Kereta Api!

Ketika bepergian dengan menggunakan kereta api, petualangan menikmati perjalanan akan Kamu rasakan semenjak duduk di kursi kereta api. Berbeda halnya dengan ketika kamu naik pesawat, misalnya. Kamu tidak akan bisa menikmati pemandangan alam yang tersaji, hanya hamparan awan dan langit kosong. Sementara, dari dalam kereta api, Kamu bisa duduk santai dan menikmati pemandangan yang dilewati di sekeliling rel.  

2.  Moda Transportasi Ramah Lingkungan

Dalam banyak hal, kereta api adalah bentuk transportasi yang lebih berkelanjutan dan ramah lingkungan daripada mobil atau pesawat terbang. Mereka menggunakan energi lebih sedikit daripada mobil dan pesawat. Di seluruh dunia, operator kereta api terus mengeksplorasi cara membuat bepergian dengan kereta api sebagai bentuk transportasi yang berkelanjutan.

Kereta menghasilkan lebih sedikit suara bising, menggunakan lebih sedikit energi dan jauh lebih berkelanjutan dalam hal emisi CO2. Hal ini membuat kereta api lebih ramah lingkungan.

3.  Kereta Api Lebih Nyaman daripada Pilihan Transportasi Lain untuk Anak maupun Dewasa

Bagi sebagian orang, kereta api merupakan moda transportasi paling nyaman. Setidaknya jika dibandingkan dengan transportasi umum lainnya. Kereta api memiliki gerbong yang luasnya memadai dan kursi-kursi yang nyaman.

Di kereta, Kamu bisa berjalan di sepanjang gerbong dan turun di stasiun-stasiun pemberhentian. Kamu juga bisa menikmati kursi-kursi secara lebih leluasa, hal yang tidak bisa dengan mudah didapatkan jika menggunakan pesawat atau mobil. Jendela yang besar juga memugkinkan penumpang untuk menikmati pemandangan yang dilewati.

Jika Kamu bepergian dengan anak-anak, ruang dan kenyamanan kereta selalu lebih ramah anak dibanding ruang terbatas dan sempit di pesawat dan mobil. Perjalanan dengan mobil juga bisa membuat stres karena anak-anak yang merasa bosan akan terus-menerus bertanya seberapa jauh/seberapa lama lagi perjalanan mereka.

4.  Bagasi Tanpa Batas!

Ketika bepergian dengan pesawat, Kamu seringkali disibukkan dengan perkara bagasi. Bagasi dalam pesawat tentu saja dibatasi kapasitas maksimumnya. Bahkan, ada bagasi yang harus membayar per kilogram. Naik kereta menjadi pilihan karena Kamu bisa membawa bagasi sebanyak yang Kamu inginkan dengan biaya yang lebih murah, jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga bagasi pesawat. Jadi, jika Kamu berencana membawa banyak barang, pilihan utama adalah naik kereta api.

Meskipun moda transportasi kereta api mempunyai keunggulan-keunggulan seperti di atas, tetap saja ada beberapa kekurangan/kelemahan ketika Kamu menggunakannya. Di antara kelemahan tersebut yaitu
  • Jadwal yang pasti, tidak bisa diubah lagi. Kalau Kamu terlambat dari jadwal, itu artinya kamu akan ditinggal.
  • Kamu harus berbagi tempat dengan orang lain, sama seperti halnya di alat transportasi publik lainnya.
  • Toilet dan kamar mandi yang harus bergantian dengan orang lain.

Oke, itulah tadi beberapa keunggulan sekaligus kelemahan menggunakan moda transportasi publik yaitu kereta api. Semoga bermanfaat, ya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~