2021-03-29

Cara Membuat Cilok Goreng

sumber: www.yummy.co.id

Cilok goreng sajian yang tidak kalah enak dengan cilok lainnya. Cilok goreng ini juga punya banyak variasi rasa yang berbeda. Cara penyajiannya juga berbeda-beda jadi dijamin cilok goreng ini tidak bikin bosan. Cilok goreng ini memang sudah ada yang menjual namun belum sebanyak cilok biasa. Cilok goreng ini cara membuatnya hampir sama dengan cilok biasanya. Namun ada kreasi yang bisa ditambahkan ketika membuat cilok goreng ini agar lebih enak lagi. Berikut cara membuat cilok goreng dengan berbagai variasi.


1. Cilok Goreng Keju

Bahan Yang Digunakan:

Tepung Sagu 250 gram

Tepung terigu 200 gram

Air biasa 300 ml

Keju cheddar parut 50 gram

Bawang putih 4 siung yang diulek halus

Garam 2 sendok teh

Daging ayam cincang sekitar 120 gram dan anda kukus hingga matang dagingnya

Daun bawang 2 

Dan selederi 2 batang

Masako ayam 

Minyak goreng

Telur ayam 2 


Cara membuat Cilok Goreng keju:

Anda ambil panci dan isi dengan air sekitar 1 gelas belimbing. Setelah itu masukkan daun seledri, daun bawang, bawang putih halus, dan garam. Diaduk dulu. Kemudian masukkan tepung terigunya dan aduk lagi. Matikan jika sudah kental. Dinginkan tepung terigu adonan ini.

Jika anda merasa sudah dingin adonan tepung terigunya, tambahkan keju parut cheddar dan daging cincang ayam kukusnya. Aduk lagi hingga semuanya tercampur. Kemudian berikan minyak goreng sedikit saja dan aduk lagi.

Pecahkan 2 telur ayam dan aduk lagi hingga tercampur. Setelah telur, masukkan tepung sagunya dengan dikit dahulu. Setelah itu masukkan lagi sisanya, uleni hingga adonannya jadi. 

Anda bentuk adonan yang sudah jadi menjadi bulat kecil. Lakukan untuk semuanya. Dan siapkan air mendidih.

Masukkan adonannya dan masak hingga matang.

Setelah itu anda siapkan minyak goreng dan goreng hingga matang. Anda bisa makan cilok goreng keju ini dengan saus sambal.


2. Cilok Goreng Krispy

Bahan-Bahan Yang Digunakan:

Tepung Sagu 250 gram

Tepung terigu 250 gram

Tepung roti 160 gram

Bawnag putih 7 siung

Lada bubuk 1 sachet

Telur ayam 2 butir

Bahan Isi Cilok Goreng krispy: Keju, sosis dan baso.


Cara Membuat Cilok Goreng Krispi:

Anda ambil baskom dan masukkan tepung terigu dan tepung sagunya. Ambil ayakan dan ayak tepung yang sudah tercampur tadi. setelah itu masukkan lada bubuk, micin, dan bawang putih uleknya.

Aduk-aduk semuanya lagi dan masukkan air panasnya dikit-dikit saja sambil diaduk dengan tangan. Siapkan baso, keju dan sosis yang sudah dipotong. Isikan masing-masing di adonan ciloknya sesuai selera dan bentuk bulat. Setelah itu anda siapkan air mendidih berisi 1 sendok makan minyak goreng.

Rebus adonan cilok tadi dan angkat jika sudah. 

Siapkan 2 butir telur dan dikocok hingga tecampur.

Kemudian di wadah berbeda siapkan tepung rotinya.

Masukkan cilok yang sudah direbus tadi ke dalam adonan telurnya dan ke tepung rotinya.

Lakukan hingga 2 kali jika ingin benar-benar kripsi.

Goreng cilok krispinya dan makan dengan campuran mayonnaise dan saus sambal.

Anda juga bisa makan dengan keju mozzarella. Jadi mozzarella ditaruh di atas cilok krispi dan masukkan ke dalam microwave kurang lebih 2 menit saja. 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~