2021-09-04

Kegunaan Uang Elektronik Dari BRI

Uang elektronik tersedia dari berbagai Bank, salah satunya Bank BRI yaitu BRIzzi. Uang elektronik juga dirilis oleh bank penyedia layanan yang berbeda. Berikut ini fungsi uang elektronik yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan transaksi nontunai.


1. Bayar Tol

Ya, seperti telah dijelaskan sebelumnya. Kamu bisa menggunakan uang elektronik untuk melakukan pembayaran tol. Sebelum melakukan perjalanan dengan menggunakan fasilitas jalan tol, kamu harus memastikan sudah melakukan isi ulang uang elektronik yang akan dipakai untuk bertransaksi.


2. Bayar Parkir

Banyak fasilitas parkir yang sudah menerapkan uang elektronik atau bahkan dompet digital untuk melakukan transaksi pembayaran. Namun, uang elektronik menjadi alat pembayaran yang praktis karena kamu tidak perlu mencari uang tunai lagi untuk bayar parkir. Tidak hanya pusat perbelanjaan, beberapa gedung fasilitas umum seperti stasiun juga sudah menggunakan pembayaran dengan uang elektronik untuk transaksi yang lebih cepat.


3. Bayar KRL dan MRT

Selanjutnya untuk melakukan transaksi pembayaran transportasi umum, alat tranksaksi ini sangat populer dipakai saat Mass Rapid Train (MRT) sudah bisa diakses oleh masyarakat umum. Meski ada tiket perjalanan berupa kartu yang bisa kamu gunakan untuk menggunakan MRT, penggunaan uang elektronik lebih praktis, loh.


4. Bayar Busway

Kalau ingin menggunakan transportasi umum yang nyaman dan praktis di Jakarta, pilihan lain selain MRT dan KRL adalah busway. Transportasi yang umum dikenal sebagai bus Transjakarta ini juga mengharuskan transaksi dengan uang elektronik. Kamu bahkan tidak bisa beli tiket seperti kereta. Meskipun biasanya kamu harus beli uang elektronik di loket, tarif perjalanan busway sangat murah yaitu berlaku rata Rp3.500 untuk semua jarak perjalanan jauh atau dekat.


5. Bayar Nontunai Pengganti Debit

Pada beberapa kesempatan, mungkin kamu tidak nyaman untuk melakukan transaksi dengan kartu debit dengan mesin EDC. Ya, kamu memang harus memasukkan nomor PIN yang mungkin terlihat oleh orang lain. Nah, uang elektronik juga bisa kamu gunakan untuk melakukan transaksi, loh. Kamu tidak perlu memasukkan nomor PIN saat antrean sedang mengular, tinggal tap, transaksi pembayaran selesai, deh.


Jangan lupa untuk selalu mengisi ulang saldo uang elektronik kamu. Untuk uang elektronik BRIzzi kamu bisa isi dengan download aplikasi BRI mobile atau mengisinya di minimarket terdekat. Kamu juga bisa melakukan Top Up BRIzzi melalui marketplace.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~