2021-10-01

Resep Pentol Mercon Ekstra Pedas, Cocok Jadi Teman Makan Nasi

 ~

Pentol atau sebagian orang menyebutnya dengan bakso adalah makanan bulat yang terbuat dari daging yang dihaluskan kemudian diberikan tepung kanji dan berbagai bumbu merupakan makanan favorit orang Indonesia. Jadi tidak heran jika di Indonesia terdapat banyak sekali penjual pentol dari Sabang sampai Merauke.


Berbagai olahan bakso diperjual belikan, mulai dari bakso kuah polos, bakso kuah pedas, bakso mercon, dan jenis bakso serta pentolan lainnya. Namun mungkin menikmati pentolan seperti itu sudah sangat lumrah dan sering dilakukan, akan tetapi apa jadinya jika Anda menikmati pentol mercon extra pedas yang bisa membakar lidah siapapun yang menikmatinya. Untuk pecinta pedas si pastinya akan menyukai pentol mercon ini, namun untuk yang tidak menyukai pedas maka Anda bisa memilih untuk menikmati pentol mercon yang pedas cupu atau biasa saja.



Apabila Anda ingin menikmati memakan pentol mercon dengan tingkat kepedasan yang sesuai dengan selera Anda maka Anda bisa memilih untuk membuat pentol mercon sendiri di rumah. Anda tinggal membeli pentolan jadi ataupun pentolan frozen yang bisa Anda jumpai dengan mudah di supermarket. Untuk itu tanpa perlu berlama-lama maka berikut ini resep pentol mercon extra pedas dan pedas yang bisa Anda sesuaikan dengan keinginan Anda.


Bahan yang Perlu Anda Persiapkan:

-Pentolan daging (sapi, ayam, Maupun ikan)

-6 Buah bawang merah 

-4 cm kencur

-8 siung bawang putih ukuran sedang

-10 buah cabai merah besar yang telah dihilangkan bijinya

-25 cabai rawit merah (Bisa dikurangi sesuai selera)

-Garam secukupnya

-1 sdt gula pasir

-Minyak goreng

-100 ml Air


Cara Membuatnya


-Goreng terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, kencur, cabai besar, serta cabai rawit.


-Haluskan setiap bumbu yang telah digoreng sebelumnya, Anda bisa menghaluskannya menggunakan ulekan ataupun blender, sesuai dengan selera yang Anda inginkan terhadap tekstur dari bumbu mercon pentolan Anda.


-Panaskan sedikit minyak dan tumis hingga mengeluarkan aroma harum serta warna bumbu sudah agak kecoklatan, dalam menumis ini Anda harus menggunakan api yang sangat kecil agr bumbu yang Anda tumis tidak hangus karena akan mempengaruhi rasa pentol mercon.


-Bila bumbu telah harum maka masukkan pentolan dan aduk hingga rata, kemudian tambahkan sedikit air ke dalam panic, jangan terlalu banyak.


-Masukkan garam, serta penyedap rasa untuk menambah kenikmatan pentolan mercon yang Anda buat, cicipi sedikit bumbunya agar mencoba apakah rasanya sudah pas atau belum.


-Apabila sudah pas maka diamkan beberapa saat hingga airnya menyusut habis, namun jangan terlalu kering.


-Sajikan dan siap untuk dinikmati.


Demikianlah resep pentol mercon extra pedas namun bisa Anda sesuaikan sesuai selera dan bisa Anda buat sendiri di rumah.



===

Sumber gambar: freepik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~