2021-10-01

Beberapa Keutamaan Membaca Doa Tahlil bagi Umat Muslim

~

Membaca kalimat tahlil bukan hanya untuk orang yang sudah meninggal, kalimat tahlil merupakan salah satu yang sering dibaca oleh umat islam dalam berdzikir. Dengan membaca dzikir maka seseorang senantiasa ingat kepada Allah dengan menyebut lafadz-lafadz pujian untuk Allah, dan Nabi Muhammad sebagai contoh dan suri tauladan untuk umat muslim juga mengamalkannya.


Dengan membaca beberapa atau salah satu bacaan dzikir maka seseorang akan merasa tenang, terlebih saat seseorang sedang dalam keadaan emosi maka sebaiknya langsung ucapkan kalimat dzikir untuk bisa mengontrol emosi Anda dan bisa menenangkan pikiran serta perasaan. Ada beberapa macam kalimat dzikir seperti istigfar, Tasbih, Tahmid, Takbir dan Tahlil, sering menyebut salah satu dari itu maka Anda bisa merasakan manfaatnya.

Kalimat tahlil ini banyak yang mengartikan bahwa bacaan khusus untuk seseorang yang sudah wafat, padahal bacaan tahlil atau doa tahlil merupakan salah satu bagian dari kalimat syahadat, yang mempunyai makna dalam ajaran islam yaitu bahwa Allah adalah Tuhan Yang Esa.

Dengan membaca kalimat tahlil maka bisa memberikan ketenangan pada jiwa, selain itu membaca kalimat ini juga bisa mendatangkan untuk Anda pahal dan keutamaan. Pada salah satu website mengatakan bahwa tahlil merupakan amalan favorit yang sering dibaca oleh Nabi Muhammad Saw dan para nabi lainnya dahulu.

Bacaan tahlil yaitu kalimat “Laailaaha ilallah” yang mempunyai banyak keutamaan saat seorang muslim membacanya setiap hari. Lalu apa saja yang menjadi keutamaan atau manfaat dalam membaca doa tahlil yang merupakan salah satu kalimat dzikir. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengamalkan kalimat atau doa tahlil.


Akan Masuk Ke Dalam Surganya Allah

Jika seseorang sering atau membaca kalimat Tahlil ini, bahkan ketika dalam keadaan sakaratul maut maka orang tersebut akan dimasukkan ke dalam surga. Pernyataan tersebut berdasarkan salah satu hadits, Rasulullah bersabda :

“Barangsiapa yang pada akhir perkataannya sebelum meninggal dunia mengucapkan ‘Laailaaha illallah’, maka dia akan masuk surga”. (HR. Daud.  Dikatakan Shohih oleh Syaikh Al Albani dalam Misykatul Mashobih no. 1621).


Bisa Memberikan Keberuntungan

Keutamaan pada doa tahlil selanjutnya yaitu bisa memberikan Anda keuntungan, hal tersebut berdasarkan Nabi Muhammad Saw Bersabda “aku kira belum ada orang yang bertanya kepada tentang hal semacam ini sebelumnya. Manusia yang paling beruntung pada hari kiamat adalah seseorang yang mengucapkan Laailaaha ilallah (tiada Tuhan selain Allah) dengan hati yang penuh keikhlasan.” (HR. Bukhari)

Dari hadits diatas menyatakan bahwa apabila seseorang senantiasa mengucapkan kalimat tahlil dengan penuh keikhlasan maka termasuk ke dalam golongan orang-orang yang beruntung.

Luar biasa sekali manfaat yang didapatkan saat seorang muslim mengamalkan kalimat atau doa tahlil ini, selain bisa memberikan keberuntungan juga bisa mengantarkan seorang muslim ke surganya Allah.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~