2017-08-03

7 Cara agar Blog Dilirik oleh Pemilik Brand

Apa kabar? Semoga Anda tetap dalam keadaan terbaik dalam lindungan-Nya.

Saat ini, tren job review di kalangan blogger semakin marak. Para blogger mendapat berkah dari semakin banyaknya penawaran job review dari berbagai merek. Berkampanye atau beriklan melalui blog adalah salah satu cara efektif untuk memopulerkan produk tertentu. Walaupun sebenarnya ini bukan cara yang baru, tetapi tren-nya masih positif dan cenderung naik secara signifikan.

Job review menjadi ceruk rezeki tersendiri bagi para pengeblog.  Untuk itu, mereka berusaha kontinyu untuk memperbaiki kualitas blog masing-masing. Sebagai seorang blogger dan sekaligus influencer atau publisher (istilah untuk pemilik blog penayang iklan), tentu ada cara-cara tersendiri agar blog kerap dilirik oleh pemilik merek untuk menayangkan iklannya.

Sebagai nubie, saya pun masih terus mencoba dan berusaha dan bersaing untuk bisa bekerja sama dengan pemegang merek. Bagaimanapun, mengelola kampanye blogger atas nama merek tertentu adalah pengalaman yang sama sekali berbeda dari menjual dan memasang ruang iklan di blog. Sependek yang saya tahu dari berbagai sumber, sebagai seorang blogger dan influencer, ada banyak cara untuk bermitra dengan pemegang merek tertentu, seperti:   

  • menghadiri peluncuran produk,
  • menjadi host acara,
  • mengulas (review) produk,
  • giveaway / berbagi hadiah,
  • medsos kontes,
  • ruang iklan sponsor (ads),
  • posting/share media sosial yang disponsori,
  • afiliasi / rujukan,
  • posting tamu (guest post)
  • duta merek (brand ambassadors)
  • posting konten/video sponsor
Nah, banyak pilihan, bukan? Anda tinggal pilih menyesuaikan dengan situasi dan kondisi. 

Selanjutnya, apa saja cara terbaik untuk bisa bekerja sama dengan merek tertentu yang Anda bidik? Berikut adalah 7 cara agar blog dilirik oleh pemilik merek:

1. Mudah Dihubungi
Buatlah emilik merek mudah untuk menghubungi Anda. Anda harus memiliki alamat email atau formulir kontak di blog Anda khusus untuk peluang produk review/bisnis. Jangan ragu untuk memasukkan jenis kesempatan yang Anda minati memberikan pemilik merek beberapa penawaran. Bisa juga Anda perkuat dengan membuat media kit dan lembar tarif untuk dikirim ke merek yang ingin bekerja sama dengan Anda.

2. Kenali Potensi Pengunjung Blog Anda 
Catatlah konten apa saja yang direspon oleh pengunjung  dengan baik dan konten apa yang memicu reaksi negatif atau kurang keterlibatan dari pembaca blog Anda. Pastikan konten konten sponsor sesuai dengan konten yang Anda produksi secara teratur. Jangan takut untuk berbagi informasi ini dengan pemilik merek. Katakan tidak jika konten sponsor yang ditawarkan tidak sesuai dengan blog Anda. Jika Anda tertarik untuk terlibat dalam kampanye sponsor, tetapi Anda punya gagasan lain yang Anda yakini lebih baik, tawarkanlah opsi alternatif ke pemilik merek.

3. Buatlah Pengajuan
 Jika Anda sudah percaya diri dan memiliki gagasan khusus tentang bagaimana blog Anda dapat bekerja dengan merek atau produk tertentu, kirimkan mereka sebuah proposal pengajuan. Jangan takut untuk memulai obrolan tentang kemitraan dengan sebuah brand/merek.

4. Jujur dalam Menulis Review.
Anda telah menghabiskan waktu berjam-jam untuk membangun trafik berdasarkan kepercayaan pembaca tulisan Anda. Jangan membuang kepercayaan itu dengan terlalu berlebihan membuat artikel review  tentang betapa hebatnya sebuah produk yang Anda ulas. Tetaplah jujur dengan sisi positif dan negatif produk tersebut. Tetaplah objektif dalam mereview.

5. Disiplin
Atur jam kerja dengan disiplin bila Anda bekerja dengan merek, persyaratan dan tenggat waktu mereka sangat penting. Pastikan Anda memiliki semua informasi yang Anda butuhkan dan mengetahui tenggat waktu di awal.

6. Jaga Komunikasi
Beberapa kali saya membaca artikel atau bertanya kepada blogger lain tentang cara terbaik agar blogger bisa bermitra baik dengan sebuah merek. Rata-rata setiap responnya adalah tentang komunikasi. Jika Anda memiliki pertanyaan di awal, menerima sesuatu yang tidak Anda duga, mungkin akan kehilangan tenggat waktu, atau hanya ingin berbicara sesuatu hal yang masih mengganjal, jangan ragu untuk menghubungi kontak mereka. Karena itu, poin (1) di atas sangat penting.

7. Jadilah Profesional
Seorang blogger yang ingin bermitra dengan merek berarti harus profesional, dong. Anggaplah bermitra dengan merek itu sebuah pekerjaan profesional. Pastikan Anda memiliki alamat email yang terpisah untuk blog Anda. Cobalah untuk menanggapi dengan cepat setiap pertanyaan email. Cek ejaan dan tata bahasa di dalam blog.

Memang, mengeblog bukan cuma soal mencari uang. Ada sisi kepuasan lebih tatkala tulisan kita dibaca oleh orang lain dan bermanfaat bai banyak orang. Kepuasan tersebut tak ternilai, bahkan melebihi ketika mendapatkan hadiah dari lomba blog, misalnya. 

Anda punya gagasan lain? Silakan dibagikan dalam komentar 😊

Jadi, masih semangat mengeblog, kan?


11 komentar:

  1. Trik keren dan mudah dipahami, kunbal y

    BalasHapus
  2. dilirik mungkin sudah, dikontrak itu yg belum wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicolek aja adminnya, Mas, hehehe

      Hapus
  3. Alhamdulillah masih seneng nulis, Kang Salim...
    Cuman memang masih perlu dijaga konsistensinya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, Kang Rifan. memang menjaga supaya konsisten itu cukup berat, saya pun merasakannya... masih moody

      Hapus
  4. Makasih sharingnya. Bermanfaat sekali untuk saya yang baru belajar menulis yang baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, Mas. Alhamdulillah bisa bermanfaat :)

      Hapus
  5. Kalau blog kita isinya curhat, susah dong ya? hehehe.

    Btw nice tips kak. Baru pertama main kesini.

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~