2019-04-24

Perawatan Khusus Jika Bayi Anda Terlahir Prematur

Selain bermanfaat untuk pertumbuhan bayi, ASI juga mengandung antibodi penting yang diperlukan untuk melindungi bayi dari infeksi. Walaupun mungkin Anda mengalami kesulitan dalam menyusui bayi prematur, namun jangan menyerah untuk tetap memberikan bayi Anda ASI. Jika bayi kesulitan dalam menjangkau puting susu Anda, Anda bisa memberikan ASI perah yang ditempatkan di botol khusus untuk bayi prematur.


Memompa ASI bisa segera Anda lakukan setelah lahir untuk mendorong ASI keluar dengan lancar. Anda mungkin perlu memompa ASI setidaknya 6-8 kali per hari. Jika Anda merasa ASI sulit keluar, jangan khawatir karena hal ini sudah biasa terjadi. Yang perlu Anda lakukan hanya berusaha terus dan tanamkan hal positif pada pikiran Anda.

Selain ASI anda juga perlu perhatikan suhu badan bayi. Badan bayi yang terlahir prematur biasanya memiliki lemak yang lebih sedikit dan membuat tubuh bayi perlu dijaga suhunya. Memandikan bayi juga perlu dilakukan dengan cara yang benar agar bayi anda tidak terluka dan malah kedinginan. Bayi akan mengetahui aroma tubuh, sentuhan, serta irama napasmu. Pada akhirnya, dia akan selalu menikmati kedekatan denganmu. Manfaat perawatan kanguru antara lain: 
  • Menjaga kehangatan tubuh bayi.
  • Membantu mengatur detak jantung dan pernapasan bayi. 
  • Membantu menenangkan bayi sehingga frekuensi menangis dapat berkurang.
  • Menciptakan kesempatan bagi bayi untuk tidur lebih nyenyak.
  • Memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bisa menyusui karena perawatan kangguru dapat meningkatkan produksi ASI ibu. 
  • Membangun rasa percaya diri Bunda karena merasa memberikan perawatan terbaik bagi buah hati serta dapat meningkatkan kesehatan bayi. 
Bunda bisa melakukan perawatan kanguru segera setelah bayi lahir. Namun, ada juga beberapa rumah sakit yang memiliki kebijakan untuk menunda perawatan kanguru hingga kondisi kesehatan bayi lebih stabil.

Ilustrasi: Shutterstock
Perlu diingat kulitnya pun lebih sensitif dan Anda perlu menggunakan bahan pakaian bayi yang lembut dan mencucinya dengan deterjen untuk baju bayi, Anda bisa menggunakan produk Sleek Baby karena harga produk Sleek Baby cukup terjangkau dan kualitasnya baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~