2019-10-29

4 Rasio Keuangan yang Tidak Boleh diabaikan

Penting untuk Anda ketahui bahwa yang namanya kebutuhan itu tidak bisa berhenti karena akan terus-menerus berjalan selama manusia hidup. Oleh sebab itu penting bagi Anda untuk memerhatikan 4 rasio keuangan yang memang tidak boleh diabaikan. Hal ini memiliki tujuan supaya hidup masa depan menjadi lebih terarah. 



4 Rasio Keuangan yang Tidak Boleh Diabaikan
 
Kondisi keuangan seseorang memang tidak bisa diprediksi, sebab itu jangan berpuas hati terlebih dahulu jika hari ini Anda memiliki tabungan yang banyak, karena Anda tidak akan pernah tahu apa yang terjadi di masa mendatang. Dengan memerhatikan 4 rasio keuangan berikut ini maka masa depan yang cerah bisa Anda miliki.

1. Rasio investasi dan tabungan
Untuk melakukan investasi dan menabung maka Anda harus menyisihkan penghasilan yang lebih tinggi dibandingkan dengan jumlah pengeluaran. Mengikuti program asuransi pendidikan terbaik juga menjadi salah satu investasi yang bisa Anda ikuti supaya pendidikan anak di masa mendatang lebih terjaminkan.

2. Rasio tabungan darurat
Rasio tabungan darurat menjadi rasio keuangan yang harus diperhatikan, untuk mengantisipasi kondisi keuangan supaya tidak berantakan. Kondisi darurat yang dimaksud yaitu misalnya seperti sakit, di-PHK dari tempat kerja, maupun usaha mengalami kebangkrutan. Untuk meminimalkan, sebaiknya Anda mengikuti program asuransi jiwa terpercaya yang ada di Generali.

3. Rasio pengeluaran
Anda harus bisa melakukan pencatatan jumlah pengeluaran dari hasil gaji yang Anda dapatkan. Hal ini bisa membantu Anda untuk membatasi jumlah pengeluaran apa saja yang paling banyak. Sementara rasio pengeluaran cenderung lebih tinggi karena banyak orang yang lebih mementingkan keinginan dibanding kebutuhan.

4. Rasio kredit dan utang
Jika Anda memiliki kredit atau utang, sebaiknya Anda memikirkan cara untuk melunasinya secepat mungkin. Jangan menunda untuk membayar hutang karena jika Anda menundanya, maka tagihan yang harus Anda bayarkan juga semakin besar. 

Dalam menjaga kondisi keuangan supaya tetap bisa terkontrol dengan baik dapat dikatakan susah-susah gampang. Meskipun sudah ada banyak konsultan keuangan yang bisa membantu, namun Anda harus tetap melakukan financial check up dengan cara memeriksa keempat rasio keuangan yang ada di atas.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~