2019-11-21

Kalkulator Masa Subur untuk KB Kalender

Menggunakan kalkulator masa subur tidak hanya bermanfaat untuk Anda yang merencanakan program hamil namun juga untuk program pencegahan kehamilan. Sehingga ketika pemasangan KB tidak terjadi masalah. Penerapan KB butuh kedisiplinan yang baik antara Anda dan pasangan.

KB kalender sendiri adalah metode kontrasepsi alami yang dilakukan pasangan untuk mencegah kehamilan tanpa adanya resiko ataupun efek samping yang disebabkan karena obat-obatan. Untuk melakukan metode ini butuh waktu atau prediksi masa subur yang akurat. Tidak hanya untuk menentukan kapan pemasangannya tetapi juga untuk membantu menentukan kapan peluang terbesar agar Anda bisa hamil.

Akan tetapi, penggunaan KB kalender sebagai kalkulator masa subur hanya diperuntukkan bagi Anda yang memiliki siklus haid yang teratur yaitu antara 26-32 hari saja. Selain itu bahkan untuk Anda yang memiliki siklus tidak teratur, tidak dianjurkan untuk menggunakan cara ini.

Misalnya, A punya hari haid pertama tanggal 6, maka masa subur yang dia miliki adalah 6+12= 18 hari. Sehingga periode masa subur yang dia miliki sekitar tanggal 18-22 saja. Sehingga jika Anda hendak mencegah terjadinya kehamilan, sebaiknya hindari tanggal itu untuk tidak melakukan hubungan intim.

Masing-masing jenis kalkulator yang dipergunakan, baik secara manual ataupun dengan aplikasi, memiliki kelebihan dan kelemahannya sendiri, termasuk jenis kalender KB. Ada keunggulan dan kelemahan jika ingin hamil dengan sistem KB kalender sebagai kalkulator masa subur Anda, diantaranya:

Kelebihan Kalkulator Masa Subur

o   Tidak memiliki efek samping yang merugikan Anda.
o   Menghindari resiko kesehatan yang berkaitan dengan penggunaan alat kontrasepsi.
o   Tidak mengurangi sensasi saat Anda sedang melakukan hubungan seksual termasuk saat Anda menggunakan alat kontrasepsi seperti kondom.

Kekurangan Kalkulator Masa Subur

o   Hanya bisa dipergunakan untuk orang yang memiliki siklus haid teratur.
o   Punya angka kegagalan yang cukup besar yaitu sekitar 24%.

Hal ini dibuktikan oeh peneliti CDC atau Center for Disease Control and Prevention yang berlokasi di Amerika Serikat. Dari penelitian tersebut, 24 orang mengalami kegagalan dan kemudian orang tersebut mengalami kehamilan. Padahal tujuan dari KB kalender ini adalah untuk tahu masa tidak subur yang dimiliki oleh seseorang. 

Faktor Penyebab Metode Penghitungan Kurang Efektif

Ada beberapa faktor yang menyebabkan metode menjadi kurang efektif, di antaranya adalah:
o   Kurangnya pemahaman terkait dengan hubungan seksual kala periode subur atau saat ovulasi yang disebabkan karena jenis lendir serviks yang mengalami perubahan.
o    Penentuan masa subur dengan KB Kalender tidak sesuai dengan siklus haid sendiri.
o   Perhitungan yang salah untuk masa tidak subur karena hari pertama saat menstruasi dihitung dari hari berakhirnya pendarahan.
o    Penentuan masa tidak subur berdasarkan pada kemampuan hidup dari sel sperma yang ada di saluran reproduksi yang usia sperma sendiri hanya bertahan hingga 5 hari setelah ejakulasi.

Period Calculator & Ovulation Calculator

Jenis kalkulator untuk perhitungan masa subur ini diperuntukkan untuk Anda yang memiliki siklus haid yang teratur ataupun yang tidak teratur. Keunggulan dari aplikasi ini adalah untuk mencari tahu apakah Anda sedang hamil atau tidak dan untuk merencanakan KB.  

Bukan hanya untuk KB, tetapi ada banyak manfaat yang dimiliki oleh kalkulator masa subur. Bahkan, Anda juga dapat mengetahui gejala kanker serviks dan penyakit organ reproduksi lainnya. Karena penyakit-penyakit tersebut sangat berhubungan dengan siklus menstruasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~