2021-07-14

Mengenal 5 Nama Nabi Ulul Azmi Dan Mukjizatnya

Ulul Azmi merupakan gelar khusus bagi rasul pilihan yang memiliki kesabaran serta ketabahan luar biasa. Dari 25 nabi dan rasul, hanya ada 5 nama saja yang termasuk nabi ulum azmi yaitu Nabi Nuh AS, Nabi Ibrahim AS, Nabi Musa AS, Nabi Isa AS, dan Nabi Muhammad SAW.

Dalam surah Al-Ahzab (33) ayat 7 disebutkan bahwa para nabi yang tergolong ulul azmi memiliki syariat dalam menyampaikan agama Allah dan kitab suci kepada umat manusia. Arti surah Al-Ahzab (33) ayat 7 : “Dan (ingatlah) ketika Kami mengambil perjanjian dari para nabi dan dari engkau (sendiri), dari Nuh, Ibrahim, Musa, dan Isa putra Maryam, dan Kami telah mengambil dari mereka perjanjian yang teguh”.


Berikut 5 nabi ulul azmi yang terkenal berkat keteguhannya dalam menyebarkan dakwah dan risalah Allah SWT :


1. Nabi Nuh AS

Kisah Nabi Nuh AS dikenal dengan pembuatan kapal besar yang digunakan untuk menyelamatkan umat yang beriman kepada Allah SWT. Selain umatnya, Nabi Nuh AS juga menyelamatkan hewan-hewan dari banjir bah yang dahsyat. Melalui bencana yang diturunkan oleh Allah SWT itu, binasalah orang-orang kafir termasuk putra nabi Nuh As yang durhaka. 


2. Nabi Ibrahim AS

Kisah Nabi Ibahim AS dikenal ketika Nabi Ibrahim menghancurkan berhala yang ada disekitar Namrud. Nabi Ibrahim AS merasa geram dan kesal lantaran banyaknya berhala yang disembah di kawasan tersebut. 

Selain itu, Raja Namrud juga mengaku dapat menghidupkan dan mematikan makhluk. Dia memerintahkan para tentaranya untuk menghukum Nabi Ibrahim AS dengan cara dibakar hidup-hidup. 

Setelah dibakar hidup-hidup, orang-orang mengira bahwa Nabi Ibrahim AS telah hancur menjadi abu. Namun, setelah apinya padam, Nabi Ibrahim AS berjalan keluar dari puing-puing bakaran dengan selamat dan tanpa ada luka bakar sedikit pun. 


3. Nabi Musa AS

Nabi ulul azmi selanjutnya adalah Nabi Musa AS yang dikenal dengan kisah kelahirannya di Negeri Mesir pada masa kejayaan Raya Fir’aun. Dia merupakan raja yang sangat kejam dan memiliki aturan jika ada bayi yang baru lahir dengan jenis kelamin laki-laki harus segera dibunuh. 

Namun Allah SWT memberikan perlindungan pada Nabi Musa AS supaya tetap menjalankan perintah-Nya di dunia. Allah SWT memberikan mukjizat kepada Nabi Musa AS untuk membelah laut merah menggunakan tongkatnya. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi kaumnya dari incaran Raja Fir’aun yang mengaku sebagai Tuhan. 

Setelah itu Nabi Musa AS menutup kembali belahan laut tersebut, yang membuat pengikut Fir’aun tergulung air laut dan akhirnya mati. 


4. Nabi Isa AS

Nabi Isa AS merupakan keturunan Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim, yang penyebutannya dalam Al-Quran menekankan pada dua aspek yaitu kemuliaan dan kemanusiaannya. Nabi Isa AS disebut sebagai sosok yang terkemuka di dunia dan akhirat, didekatkan kepada Allah SWT, saleh, suci, serta diberkahi. 

Umat Islam juga diperintahkan untuk beriman kepada wahyu Allah SWT, baik yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW maupun kepada nabi-nabi lainnya, termasuk Isa AS, untuk tidak membeda-bedakan para nabi dan berserah diri kepada Allah SWT. 

Nabi Isa AS dikenal dengan kisahnya yang dapat menghidupkan burung yang dia buat dari tanah liat. Selain itu, Nabi Isa AS juga mampu menyembuhkan penyakit yang sangat parah. Tentunya kemampuan tersebut atas seizing Allah SWT. 


5. Nabi Muhammad SAW

Nabi Muhammad SAW terkenal sebagai rasul akhir zaman. Sejak kecil hingga dewasa, beliau merupakan orang yang jujur, tidak pernah berbohong, dan tidak pernah melakukan maksiat. Baiknya sifat Nabi Muhammad SAW ini dapat menjadi contoh umat manusia kini sepanjang masa. 

Al-Quran merupakan mukjizat Nabi Muhammad SAW. Selain itu beliau juga diberi mukjizat untuk mengerti bahasa binatang seperti Nabi Sulaiman, memerintah bumi dan pohon seperti Nabi Musa, dapat membelah bulan pada masa penyebaran Islam di Mekkah, dan masih banyak yang lainnya. 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~