2017-08-16

5 Kesalahan Saat Wawancara Kerja (2)

Oke, melanjutkan dari artikel 5 Kesalahan saat Wawancara Kerja (1), kali ini saya mencoba meuliskan tentang 5 Kesalahan saat Wawancara Kerja (2). Bagi banyak orang, wawancara dirasakan sebagai satu-satunya bagian proses pencarian pekerjaan yang paling menegangkan dan mengkhawatirkan. Berikut ini hal-hal yang harus dihindari saat wawancara kerja.
 

1. Menyepelekan Proses Wawancara
Jangan sampai disepelekan, ya. Cobalah praktik lebih dulu. Buat terlebih dulu daftar pertanyaan wawancara umum dan lakukan latihan wawancara. Berlatihlah sampai Anda merasa menguasainya.

2. Menjadi Orang Lain

Jadilah dirimu sendiri dan jujurlah! Jangan berpura-pura mengerti pertanyaan yang diajukan jika sebenarnya tidak. Jika Anda tidak tahu jawaban, katakan begitu. Tenang dan jadilah dirimu sendiri. Pasti hasilnya akan lebih baik.


3. Tidak Mendengarkan Pertanyaan dengan Baik
Fokuslah pada pertanyaan yang sedang ditanyakan. Tidak apa-apa untuk menjeda dan mengumpulkan pikiran Anda sebelum menjawab sebuah pertanyaan. Berikan perhatian khusus pada hal-hal teknis atau proses kerja yang unik bagi perusahaan. Pewawancara mungkin telah memberikan informasi yang Anda perlukan untuk menjawab pertanyaan tadi dalam percakapan. Pewawancara akan mencari kemampuan Anda untuk menganalisis informasi baru, mempertahankannya, dan yang terpenting, pahami bahwa informasi itu berguna untuk Anda nanti dalam wawancara.

4. Tidak Memberikan Uraian yang Memadai.

Saat menjawab pertanyaan, pertanyaan teknis atau pemecahan masalah teknis, luangkan waktu untuk "membicarakan" proses pemikiran Anda. Perekrut lebih tertarik melihat bagaimana pikiran Anda bekerja dan mencoba menguraikan jenis masalah tertentu, daripada pada jawabannya sendiri. Verbalisasikan pemikiran Anda dengan baik.

5. Kurang Antusias

Pertahankan kontak mata, sambut pewawancara sambil tersenyum dan jabat tangan yang kuat (tidak terlalu lemah, tidak terlalu kuat), dan tunjukkan kesopanan. Jangan takut untuk menampilkan gairah Anda untuk pekerjaan yang sedang diperjuangkan dan untuk menunjukkan kepercayaan diri.

Demikianlah 5 Kesalahan saat Wawancara Kerja (2) yang bisa saya tuliskan. Anda ingin menambahkan kesalahan-kesalahan yang lain? Silakan berbagi di komentar, ya. 
 
Baca juga:
 
 

3 komentar:

  1. banyak orang yang sering menyepelekan tesnya makanya tidak lulus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, semoga artikel ini bisa bermanfaat :)

      Hapus
  2. wah belum pernah sampe sesi wawancara malah ini hehehe

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~