2017-08-20

Blog yang Diminati untuk Job Review

Profesi blogger bukan lagi profesi yang dipandang sebelah mata. Beberapa orang bahkan sudah memantapkan diri menjadi full time blogger, blogger profesional, yang menjadikan blog-nya sumber utama  income.  

Sebenarnya, bagaimana seorang blogger bisa mendapatkan income dari blog-nya? Jawaban untuk pertanyaan ini adalah: banyak sekali. Cara paling umum adalah dengan iklan. Ya, beragam platform iklan bisa dipilih oleh blogger untuk diterapkan di blog-nya. 

Saat ini, salah satu cara untuk menghasilkan uang dari blog adalah dengan job review. Jadi, intinya seorang blogger me-review sebuah produk yang diiklankan oleh pemesan. Semacam endorse lah kalau untuk artis-artis. Namun, blogger lebih menekankan keunggulan sebuah produk melalui tulisan artikelnya. Tentu dengan pernak-pernik foto dan infografis yang indah dan memukau.
blog yang dicari untuk job review

Bagaimana sih agar blog kita bisa mendapatkan job review?

Gampang-gampang  susah untuk menjawab pertanyaan ini. Berbagai artikel tentang seluk-beluk job review sudah banyak yang membahas tentang hal itu. Coba baca di artikel saya yaitu 7 Cara agar Blog Dilirik oleh Pemilik Brand.

Menurut saya pribadi, kualitas blog adalah kuncinya. Selayaknya seleksi alam, maka yang terbaik yang akan bertahan di garda terdepan, hehehe.

Perbaiki kualitas artikel, perjelas niche atau kategori blog, tingkatkan SEO, itu adalah beberapa langkah meningkatkan kualitas blog. Dan, tidak ada sesuatu yang bagus yang muncul secara instan. Semuanya perlu proses untuk bertahan, perlu tahan banting, tahan bosan, dan tahan jenuh karena persaingan blog yang semakin menakutkan, buahahaha.  Paling tidak, butuh waktu untuk mewujudkan itu semua.

Jangan mimpi akan banjir job review kalau blog masih baru dengan kualitas yang alakadarnya. Calon pemberi job review tentu mempunyai tim khusus untuk menyeleksi kelayakan sebuah blog untuk menerima job review. Rugi dong kalau asal-asalan menaruh iklan. 

Ibarat memasang iklan di televisi, pastilah pemasang iklan lebih memilih memasang iklan di stasiun televisi yang bonafit, pada jam prime time pula, karena pemirsanya pasti banyak.  
Salah satu rahasia blog yang disukai oleh pemberi job review adalah blog yang ‘alami’. Alami dalam artian artikel-artikel yang ada di blog tersebut memang sesuai dengan jiwa pemiliknya. Begini, setiap orang pasti memiliki ketertarikan atau hobi masing-masing. Nah, blog yang alami akan mencerminkan ketertarikan tersebut. Memang sih, ada yang suka menulis topik general/umum. Namun, lambat laun akan kelihatan kok interest-nya ada di topik apa saja. 

Atau, meskipun niche atau kategori blognya masih umum, tetapi blogger yang berkualitas akan bekerja total menggarap blognya. Hal itu tergambar misalnya dari tulisannya yang bernas dan berciri khas, lengkap dengan infografis dan visualisasi yang mendukung.  Minimal artikelnya juga berisi 300—500 kata. 

Akhirnya, setiap blogger bisa memilih jalannya masing-masing (jiaah..). Bisa saja kok memanfaatkan cara yang instan untuk membangun blognya seperti menggunakan jasa SEO, jasa penulisan artikel, dan jasa-jasa lainnya seputar dunia blogging yang banyak bertebaran di dunia maya. Sah-sah saja jasa-jasa tersebut untuk dimanfaatkan. Asal jangan menggunakan cara haram semacam plagiat artikel atau konten blog orang lain, lho, ya. Jangan sampai, deh. Nggak berkah juga nanti hasil yang didapatkan.

Baca juga:

8 komentar:

  1. Semoga dapat job review. Aamiin. Hehe

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik

    BalasHapus
  3. Penting buat blogger yg mulai ahli

    BalasHapus
  4. makasih ya atas infonya..

    BalasHapus
  5. Setujuuu. Say no to plagiarism.

    BalasHapus
  6. Terima kasih semua yang sudah mampir.

    BalasHapus
  7. hihi setuju sama mbak triani retno. Sebisa mungkin hindari plagiarism. Semoga makin banyak job review ya, mas.

    BalasHapus

~ Terima kasih sudah berkunjung. Silakan berkomentar di sini. Komentar Anda sangat berharga bagi saya. Jangan ada spam, SARA, pornografi, dan ungkapan kebencian. Semoga bermanfaat. ~